ANALISA PENGARUH BAHANBAKAR BIOETHANOL E-30 (BENSIN 70% -ETHANOL30%), E-50 (BENSIN 50% - ETHANOL 50%), E-100 (ETHANOL 100%) TERHADAP DAYA DAN TORSI MESIN 4 LANGKAH
Main Article Content
Abstract
Bahan bakar alternatif bioethhanol E-10, E-15 sudah banyak dipergunakan pada
kendaraan bersilinder 1 dan kendaraan bersilinder 4 karena angka oktan pada bahan bakar
tersebut tinggi sehingga dalam pembakaran dalam ruang bakar akan sempurna karena pada
pembakaran yang sempurna akan menaikan angka torsi.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh bahan bakar alternatif bioethanol
(E-30, E-50, E-100) terhadap daya dan torsi mesin 4 langkah dengan menggunakan bahan bakar
bioethanol E-30, E-50, E-100 yang akan diuji dengan metode eksperimen menggunakan
dynotest untuk di peroleh hasil daya dan torsinya.
Hasil eksperimen menunjukan bahwa penggunaan bahan bakar alternatif bioetahanol E-30, E-50, E-100 pada pengujian daya diperoleh daya tertinggi pada 3000 Rpm yaitu 1.01 HP
terletak pada E-50, pada, 3500 Rpm yaitu 2.35 HP terletak pada E-50, pada 4000 Rpm yaitu 2.40
HP terletak pada E-50, pada 4500 Rpm yaitu 3.73 HP terletak pada E-50, pada 5000 Rpm yaitu
3.77 HP terletak pada E-50, pada 5500 Rpm yaitu 3.68 HP terletak pada E-30, pada 6000 Rpm
yaitu 3.68 terletak pada E-50 sedangkan pada pengujian torsi diperoleh torsi tertinggi pada 3500
Rpm yaitu 0.215 kgf.m terletak pada E-50, pada 4000 Rpm yaitu 0.380 kgf.m terletak pada E-50,
pada 4500 Rpm yaitu 0.498 kgf.m terletak pada E-50, pada 5000 Rpm yaitu 0.515 terletak pada
E-50, pada 5500 Rpm yaitu 0.497 terletak pada E-50, pada 6000 Rpm yaitu 0.450 kgf.m terletak
pada E-30.
Kata Kunci : Bioethanol, Dynotest, Daya, Torsi
kendaraan bersilinder 1 dan kendaraan bersilinder 4 karena angka oktan pada bahan bakar
tersebut tinggi sehingga dalam pembakaran dalam ruang bakar akan sempurna karena pada
pembakaran yang sempurna akan menaikan angka torsi.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh bahan bakar alternatif bioethanol
(E-30, E-50, E-100) terhadap daya dan torsi mesin 4 langkah dengan menggunakan bahan bakar
bioethanol E-30, E-50, E-100 yang akan diuji dengan metode eksperimen menggunakan
dynotest untuk di peroleh hasil daya dan torsinya.
Hasil eksperimen menunjukan bahwa penggunaan bahan bakar alternatif bioetahanol E-30, E-50, E-100 pada pengujian daya diperoleh daya tertinggi pada 3000 Rpm yaitu 1.01 HP
terletak pada E-50, pada, 3500 Rpm yaitu 2.35 HP terletak pada E-50, pada 4000 Rpm yaitu 2.40
HP terletak pada E-50, pada 4500 Rpm yaitu 3.73 HP terletak pada E-50, pada 5000 Rpm yaitu
3.77 HP terletak pada E-50, pada 5500 Rpm yaitu 3.68 HP terletak pada E-30, pada 6000 Rpm
yaitu 3.68 terletak pada E-50 sedangkan pada pengujian torsi diperoleh torsi tertinggi pada 3500
Rpm yaitu 0.215 kgf.m terletak pada E-50, pada 4000 Rpm yaitu 0.380 kgf.m terletak pada E-50,
pada 4500 Rpm yaitu 0.498 kgf.m terletak pada E-50, pada 5000 Rpm yaitu 0.515 terletak pada
E-50, pada 5500 Rpm yaitu 0.497 terletak pada E-50, pada 6000 Rpm yaitu 0.450 kgf.m terletak
pada E-30.
Kata Kunci : Bioethanol, Dynotest, Daya, Torsi
Article Details
Section
Articles
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).