Main Article Content

Abstract

Telah dilakukan analisis pengaruh pergerakan kendaraan memutar terhadap tundaan pada jalan Letjend D.I. Panjaitan-Paduraksa, Kramat Pemalang Jawa Tengah. Perkembangan pergerakan lalu lintas yang ada di suatu wilayah harus didukung oleh prasarana yang memadai yaitu kapasitas dan struktur jalan. Problematika transportasi ini terlihat pada lokasi jalan Letjend D.I Panjaitan yaitu jalan yang menghubungkan antara Pemalang Selatan, Pemalang Utara, Pemalang Timur, Pemalang Barat, dan pusat kota yaitu dengan melewati persimpangan Paduraksa dimana sering mengalami kemacetan lalu lintas. Analisis ini dilakukan untuk memberikan dukungan rekayasa arus lalulintas yang dapat mengurai kemacetan di jalan Letjend D.I Panjaitan  dan dampak terhadap arus lalulintas di sekitarnya. Digunakan metode deskriptif. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini adalah teknik systematik random sampling. Pertama-tama dilakukan survai lalulintas dan geometri jalan, selanjutnya sampel data mengenai kendaraan yang memutar/ membelok dan tundaan pada jalan Ledjan D.I Panjaitan –Paduraksa Keramat direkam dan di catat pada tabel. Data kemudian dianalisis dengan berpedoman pada manual kapasitas jalan Indonesia ( MKJI ) 1997. Hasil analisis memberikan bahwa lalu lintas jalur pada jalan Letjend D.I. Panjaitan kota Pemalang tergolong padat karena di pengaruhi kendaraan yang memutar arah maupun kendaraan yang berbelok arah pada jam puncak dan berdampak terhadaap tundaan (stopped delay) pada kedua jalur . VC ratio lintas jalan Ledjand D.I Panjaitan pada jam puncak sebesar 0,46-0,52 dengan Level Of Service adalah C. Pengaruh tundaan stopped delay pada lokasi penelitian lebih berpengaruh terhadap arus yang menuju kearah Utara sebesar 1403 detik dari pada arus kendaraan yang menuju ke arah Selatan sebesar 1277 detik.

Keywords

andand alalin, tundaan, VC rasio

Article Details