Main Article Content

Abstract

Ukuran dari ketahanan energi nasional ditentukan oleh adanya tingkat ketersediaan energi yang cukup, hal tersebut akan jadi ancaman serius akan defisit ketersediaan bahan bakar dikemudian hari. Jalan lain ditempuh bilamana keadaan pasti terjadi dengan pengarapan dari sekam padi proses sisa gabah kering giling, dan sampah padat lain yang diolah dari TPA sampah seperti kertas, korann, kardus, potongan kayu, plastic atau ban bekas dimungkinkan dipetik energinya dengan tambah alat air polution control sytem.


Produksi padi gabah kering giling dari dinas ketahanan pangan di ciayumajakuning  sebesar 2,863.08 juta ton, dan hasil sekam padi setara dengan 0,858924  juta ton. Sekam padi merupakan lapisan keras yang meliputi kariopsis, terdiri dari belahan lemma dan palea yang saling bertautan, dari proses penggilingan padi, biasanya diperoleh sekam 20 – 30%, dedak 8 – 12 %, dan beras giling 50 – 63,5% dari berat gabah kering giling.


Prakiraan potensi sekam padi, di ciayumajakuning, untuk pembangkitan energi thermal melalui pembakaran langsung atau gasifikasi akan jadi solusi ramah lingkungan untuk pembuangan sampah padat indrustri dan produksi samping sampah peranian menjadi energi dari sampah-ke-energi thermal salah satu bentuk sumber energi yang berkelanjutan.


Metode yang dilakukan dengan cara pengambilan sampel sampah sekam padi kering bakalan langsung dibakar dalam tungku pembakaran, tetapi pembakaran ini tetap dikendalikan unsur zat pembakar oksigen agar menghasilkan gas yang cukup bertenaga. Prediksi potensi energi yang terdapat di dalam sekam padi. Hasilnya diteliti dan analisis, untuk diungkap dan diunduh nilai kalori pembakaran tersebut.

Keywords

sekam padi sampah padat nilai kalor pembakaran langsung

Article Details