Main Article Content
Abstract
Studi ini dilakukan menggunakan metode kajian literatur yang diambil dari jurnal ilmiah, prosiding, laporan penelitian dan artikel cetak maupun elektronik yang terkait yang difokuskan di Kota Cirebon dan sekitarnya karena memiliki cukup banyak angkutan umum kota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, jumlah angkutan umum yang ada di Kota Cirebon dan sekitarnya adalah +/- 10.774 kendaraan dengan bus besar (BB) berjumlah 463 unit, MPU 6.180 unit dan Taxi 4.131 unit. Penghematan yang dapat dilakukan jika BBM dikonversi ke BBG yaitu untuk BB Rp 137,305,480,087,-; MPU Rp 293,234,684,040,-; Rp 343,020,524,206,- dan total penghematan Rp 773,560,688,334,-. Sedangkan keuntungan yang diperoleh yaitu BB Rp 131,749,480,087,-/tahun ;Rp 219,074,684,040,-/tahun; Rp 293,448,524,206,-pertahun dengan total keuntungan                 Rp 644,272,688,334.00/tahun. Pengurangan emisi gas buang seluruh jenis angkutan umum yaitu untuk CO2 39.325,1 Kg/tahun; CO 849.422,2 Kg/tahun; NOx 672.459,20 Kg/tahun; HC 99.099,25 Kg/tahun; Partikel Berat 842.343,60 Kg/tahun. Total perhitungan CDM yang didapatkan Rp 250.264.935,-
Kata Kunci: bahan bakar gas , konversi, mesin konvensional
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).