ANALISIS PENGGUNAAN PISTON KHARISMA PADA MOTOR SUPRA FIT TERHADAP PENINGKATKAN KINERJA COMPRESSION CYLINDER / CC
Main Article Content
Abstract
Modifikasi bidang otomotif yang dilakukan bertujuan untuk mendapatkan unjuk kerja yang
lebih baik dari sebuah sistem kerja otomotif  sehingga pada penelitian ini, peneliti menganalisa
kenaikan kompresi silinder pada sepeda motor Supra Fit setelah diganti piston Kharisma yang
berdiameter Ø 52,3mm, dengan cara menghitung besar diameter dalam blok silinder setelah
dimodifikasi / korter dan langkah piston dari titik mati bawah ke titik mati atas. Tujuan dari
diadakannya penelitian ini untuk membandingkan performa sepeda motor standar dengan sepeda
motor hasil modifikasi sendiri dan untuk mengetahui pengaruh pengunaan piston Kharisma diameter Ø
52,3 mm terhadap volume langkah / kompresi silinder.Metode penelitian yang digunakan adalah
metode penelitian eksperimental yaitu variabel yang bersaing dengan variabel independen yang
sengaja dirancang, dalam hal ini variabel independen
dihipotesiskan mempengaruhi perubahan dalam variabel dependen, namun bagai mana peneliti
yakin bahwa berubahan itu berubah dari ap a yang diteliti dan bukan karena sebab lainnya yang
tidak ia identifikasikan atau tetapkan sebagai variabel independen. Dari hasil penelitian tersebut,
untuk perhitungan Volume langkah / cc sepeda motor supra fit sebelum di modifikasi adalah 97,1 Cm
3
/ cc dibulatkan menjadi 100 Cm
3
/ cc, dan setelah dirubah piston kharisma berdiameter Ø 52,3 mm
menjadi 106,8 Cm
3
/ cc yang dibulatkan menjadi 110 Cm
3
/ cc, kemudian untuk perbandingan kompresi
sebelum di modifikasi adalah 8,71634 : 1, dan setelah dirubah piston kharisma menjadi 8,71837 : 1.
Kata kunci : Kompresi Silinder (cc), Piston, Blok Silinder, Diameter, Langkah, Titik Mati Atas,
Titik mati Bawah.
lebih baik dari sebuah sistem kerja otomotif  sehingga pada penelitian ini, peneliti menganalisa
kenaikan kompresi silinder pada sepeda motor Supra Fit setelah diganti piston Kharisma yang
berdiameter Ø 52,3mm, dengan cara menghitung besar diameter dalam blok silinder setelah
dimodifikasi / korter dan langkah piston dari titik mati bawah ke titik mati atas. Tujuan dari
diadakannya penelitian ini untuk membandingkan performa sepeda motor standar dengan sepeda
motor hasil modifikasi sendiri dan untuk mengetahui pengaruh pengunaan piston Kharisma diameter Ø
52,3 mm terhadap volume langkah / kompresi silinder.Metode penelitian yang digunakan adalah
metode penelitian eksperimental yaitu variabel yang bersaing dengan variabel independen yang
sengaja dirancang, dalam hal ini variabel independen
dihipotesiskan mempengaruhi perubahan dalam variabel dependen, namun bagai mana peneliti
yakin bahwa berubahan itu berubah dari ap a yang diteliti dan bukan karena sebab lainnya yang
tidak ia identifikasikan atau tetapkan sebagai variabel independen. Dari hasil penelitian tersebut,
untuk perhitungan Volume langkah / cc sepeda motor supra fit sebelum di modifikasi adalah 97,1 Cm
3
/ cc dibulatkan menjadi 100 Cm
3
/ cc, dan setelah dirubah piston kharisma berdiameter Ø 52,3 mm
menjadi 106,8 Cm
3
/ cc yang dibulatkan menjadi 110 Cm
3
/ cc, kemudian untuk perbandingan kompresi
sebelum di modifikasi adalah 8,71634 : 1, dan setelah dirubah piston kharisma menjadi 8,71837 : 1.
Kata kunci : Kompresi Silinder (cc), Piston, Blok Silinder, Diameter, Langkah, Titik Mati Atas,
Titik mati Bawah.
Article Details
Section
Articles
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).