ANGKA EMISI KEBISINGAN PADA KNALPOT BERMATERIAL BESI, KUNINGAN DAN ALUMINIUM PADA SEPEDA MOTOR JENIS HONDA REVO TAHUN 2008
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui angka kebisingan pada knalpot bermaterial
besi, kuningan dan alumunium dalam jenis sepeda motor Honda Revo tahun 2008.
Pengumpulan data dilakukan pada kecepatan putaran mesin dari 1000 rpm, 1200 rpm, 3000
rpm dan 5000 Metode rpm.The dalam penelitian ini adalah eksperiment, bahan yang
digunakan untuk pembuangan material adalah besi, kuningan, dan aluminium. Pengujian
tingkat kebisingan dengan menggunakan alat ukur kebisingan (Sound Level Meter), dengan
cara yang lebih dekat ke ujung knalpot, dengan jarak 10 cm. Diketahui pada kecepatan mesin
stasioner (1000 rpm) penggunaan bahan aluminium dalam knalpot dapat mengurangi angka
kebisingan dan 0,43 dB pada rpm rendah (1200 rpm) untuk mengurangi kebisingan mencapai
1,05 dB. Namun, penggunaan bahan aluminium akan lebih tinggi bila tingkat kebisingan pada
kecepatan putaran mesin adalah (3000 rpm) yang 4,29 dB dan putaran mesin tinggi (5000
rpm) mencapai 6,05 untuk buang bermaterial besi yang digunakan dalam knalpot standar
pabrikan itu. Kemudian pada penggunaan bahan kuningan akan mendapatkan tingkat
kebisingan angka lebih tinggi daripada penggunaan bahan besi, yang berkisar 0,52-2,68 dB.
Kata kunci: Kebisingan, Exhaust, kecepatan mesin.
besi, kuningan dan alumunium dalam jenis sepeda motor Honda Revo tahun 2008.
Pengumpulan data dilakukan pada kecepatan putaran mesin dari 1000 rpm, 1200 rpm, 3000
rpm dan 5000 Metode rpm.The dalam penelitian ini adalah eksperiment, bahan yang
digunakan untuk pembuangan material adalah besi, kuningan, dan aluminium. Pengujian
tingkat kebisingan dengan menggunakan alat ukur kebisingan (Sound Level Meter), dengan
cara yang lebih dekat ke ujung knalpot, dengan jarak 10 cm. Diketahui pada kecepatan mesin
stasioner (1000 rpm) penggunaan bahan aluminium dalam knalpot dapat mengurangi angka
kebisingan dan 0,43 dB pada rpm rendah (1200 rpm) untuk mengurangi kebisingan mencapai
1,05 dB. Namun, penggunaan bahan aluminium akan lebih tinggi bila tingkat kebisingan pada
kecepatan putaran mesin adalah (3000 rpm) yang 4,29 dB dan putaran mesin tinggi (5000
rpm) mencapai 6,05 untuk buang bermaterial besi yang digunakan dalam knalpot standar
pabrikan itu. Kemudian pada penggunaan bahan kuningan akan mendapatkan tingkat
kebisingan angka lebih tinggi daripada penggunaan bahan besi, yang berkisar 0,52-2,68 dB.
Kata kunci: Kebisingan, Exhaust, kecepatan mesin.
Article Details
Section
Articles
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).