Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 1 Pangkah tahun pelajaran 2015/2016 pada pokok bahasan luas daerah segiempat melalui pembelajaran pendekatan open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian PTK dnegan subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP N 1 Pangkah tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 33 orang siswa.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data yang diambil berupa data hasil belajar, hasil observasi terhadap guru, dan hasil observasi terhadap siswa. Kesimpulan yang didapat yakni pembelajaran pendekatan open-ended dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan luas daerah segiempat siswa kelas VII SMP N 1 Pangkah tahun pelajaran 2015/2016 dengan rincian siklus I nilai rata-rata kelas adalah 75 dengan presentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan individual 70%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 84 dengan presentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan individual 88%.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License