Main Article Content
Abstract
Berdasarkan observasi diketahui bahwa faktor penyebab kurangnya kompetensi siswa dalam pembelajaran IPA adalah metode pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru, siswa tidak diarahkan untuk berfikir kreatif dan menguasai konsep berdasarkan penemuan-penemuan di lapangan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas VII-I SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018 Pangkah. Penelitian  ini  didesain  dalam  dua  siklus.  Prosedur  dalam  setiap  siklus mencakup tahap-tahap: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Didapat kesimpulan bahwa penelitian  pembelajaran  IPA Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VII- I SMP Negeri 1 Pangkah semester I tahun pelajaran 2017/2018, adanya peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I rata-rata kelas memperoleh 75,3 kategori baik, tetapi baru 71,87 % siswa mendapatkan nilai 71. Hasil ini masih belum memenuhi indikator keberhasilan dimana 85% siswa kelas VII-I SMP N 1 Pangkah mendapatkan nilai 71. Namun pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 80,5 kategori baik , dengan 90,62 % siswa mendapatkan nilai 71 sehingga hasil pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan penelitian.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License