Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model group investigation berbantuan science chain card tema gerak terhadap kemampuan berpikir logis dan keterampilan berkomunikasi siswa beserta besar pengaruhnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan posttest only group design. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dari populasi siswa kelas VIII SMP 1 Kudus tahun 2016, diperoleh kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini didapatkan dari nilai posttest hasil belajar kognitif siswa yang disusun berdasarkan lima indikator kemampuan berpikir logis serta nilai keterampilan berkomunikasi yang diperoleh melalui tiga kali observasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi berdasarkan posttest kemampuan berpikir logis siswa adalah r = 0,13. Hasil analisis uji t terhadap nilai koefisien korelasi kemampuan berpikir logis memperlihatkan t hitung = 3,00 yang berarti bahwa ada pengaruh signifikan. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh  nilai koefisien determinasi (KD) yang diperoleh sebesar 1,00 %. Hasil analisis observasi keterampilan berkomunikasi siswa menunjukkan nilai koefisien korelasi yang diperoleh adalah r = 0,75. Hasil analisis uji t terhadap nilai koefisien korelasi keterampilan berkomunikasi memperlihatkan t hitung = 10,8 yang berarti bahwa ada pengaruh signifikan. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh  nilai koefisien determinasi (KD) yang diperoleh sebesar 58,00 %. Hasil analisis penelitian juga menunjukkan besarnya pengaruh keterampilan berkomunikasi siswa terhadap kemampuan berpikir logis selama pembelajaran group investigation berbantuan science chain card adalah sebesar 1,00 %. Dapat disimpulan bahwa group investigation berbantuan science chain card tema gerak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir logis dan keterampilan berkomunikasi siswa.

Article Details

References

  1. Acar, B & L. Tarhan. 2007. Effects of Cooperative Learning on Students’
  2. Understanding of Metallic Bonding. Res Sci Educ, 38:401–420. Tersedia di http://link.springer.com [diakses 1-19-2016]
  3. Aini, D.N. & Kharis. 2012. Penerapan Media Puzzle Picture pada Kemampuan Berbicara Kelas XI IPA 2 SMA 1 Tumpang. Artikel Penelitian. Tersedia di http://googlecndekia.com/article/view [diakses 2- 4-16]
  4. Alfiana, M., N. R. Dewi & S. Sukaesih. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme Tema Energi dalam Kehidupan untuk Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 4(1). Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej [diakses 2-20-2016]
  5. Alsaputra, G. B. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa SMP. Skripsi. Tersedia di http://lib.unnes.ac.id [diakses 2-1-2016]
  6. Amelia, R., Supriyono & Muhardjito. 2016. The Influence Of V Diagram Procedural Scaffolding In Group Investigation Towards Students With High And Low Prior Knowledge. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia 5(1). Tersedia di http// http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/. [diakses 12-12-2016]
  7. Anita, N. M, I. W. Karyasa & I. N. Tika. 3013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group investigation (GI) terhadap Self-Efficacy Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3. http://pasca.undiksha.ac.id/e- journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/800 [diakses 1-18-2016]
  8. Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  9. Artini, M. Pasaribu & M. Husain. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas VI SD Inpres 1 Tondo. e-JurnalMitra Sains, 3(1). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/MitraSains/article/ [diakses 1-18-2016]
  10. Chasanah, R & N. R. Dewi. 2015. Pengembangan Sciencepoly Game Berbasis Kontekstual sebagai Media Science-Edutainment Pata Materi Kalor dan Perpindahanya untuk Siswakelas VII SMP. Unnes Science Education Journal, 4(2). Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej [diakses 2-20-2016]
  11. Chung, Y. et al. 2014. Enhancing Students’ Communication Skills In The Science Classroom Through Socioscientific Issues. International Journal of Science and Mathematics Education, 14: 1-27. Tersedia di http://link.springer.com [diakses 2-1-2016]
  12. Dewi, R., R. S. Iswari & R. Susanti. 2012. Penerapan Model Group investigation Terhadap Hasil Belajar Materi Bahan Kimia di SMP. Unnes Science Education Journal. Tersedia http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej [diakses 1-18-2016]
  13. Dunbar, N. E, C. F. Brooks & T. K. Miller. 2006. Oral Communication Skills In Higher Education: Using A Performance-Based Evaluation Rubric To Assess Communication Skills. Innovative Higher Education, 31(2). Tersedia di http://link.springer.com [diakses 2-1-2016]
  14. Ebrahim, A. 2010. The Effect Of Cooperative Learning Strategies On Elementary Students’ Science Achievement and Social Skills In Kuwait. International Journal of Science and Mathematics Education, 10: 293-314. Tersedia di http://link.springer.com [diakses 1-19-2016]
  15. Handayani, S., S. E. Indriwati & H. Suwono. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group investigation dengan Pendekatan SALINGTEMAS dalam Meningkatkan Kemampuan Kerja Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa kelas X SMA Negeri 1 Lawang. Chimera, 1. http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=36578 [diakses 1-18-2016]
  16. Kencana, P. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai Dipadukan dengan Time Token untuk Meningkatkan
  17. Kemampuan Berkomunikasi dan Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa SMA. Skripsi. Tersedia di http://lib.unnes.ac.id [diakses 1-25-2016]
  18. Khaerunisa, F., Sarwi & N. Hindarto. 2012. Penerapan Better Teaching and Learning Berbasis Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Berpikir Logis dan Keaktifan Siswa. Unnes Physics Educational Journal. Tersedia di http://journal.unnes.ac.idsju/index.php/upej [diakses 1-21-2016]
  19. Khairiah, A. 2011. Efektivitas Penggunaan Media Permainan Kartudalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Pada Materi Ekonomi. Skripsi. Tersedia di http://perpus.uinjkt.ac.id [diakses 1-18-2016]
  20. Kunandar. 2013. Penelitian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
  21. Lestari et al. 2016. Sounds Learning Using Teams Games Tournamentwith
  22. Flash Card As Media At The 13th Junior High School Of
  23. Magelang. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia 4(2). Tersedia di http// http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/. [diakses 12-12-2016]
  24. Mahbub, M., Kirana & Poedjiastoeti S. 2016. Development Of Stad Cooperative Based Learning Set
  25. Assisted With Animation Media To Enhanche Students’
  26. Learning Outcome In Mts. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia 5(2). Tersedia di http// http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/. [diakses 12-12-2016]
  27. Munib, A. 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU-MKDK LP3 Unnes
  28. Na’ima, Q. A. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kuartet terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Artikel Penelitian. Tersedia di http://googlecendekia.com/view [diakses 1-21-2016]
  29. Parmin & Sudarmin. 2014. IPA Terpadu. Semarang: Swadaya Manunggal
  30. Putri, G.R., Syahrul R & E. Gani. 2012. Hubungan Kemampuan Berpikir Logis dengn\an Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA 1 Rao Pasaman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1 (1). Tersedia di http://googlecendekia.com. [diakses 2-1-2016]
  31. Rifa’I, A & T. C. Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU-MKDK LP3 Unnes
  32. Rustina, S. P, S. Zulaikha & I. Km Ngr Wiyasa. 2014. Pengaruh Mode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group investigation Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sd Gugus II Tampaksiring. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1916 [diakses 1-20-2016]
  33. Setyaningsih, M. D & N. R. Dewi. 2015. Pengembangan Media Papan Permainan Berbasis Scinceedutainment Tema Makanan untuk Siswa Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 4(3). Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej [diakses 2-20-2016]
  34. Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media
  35. Tobin, K. G & W. Capie. 1981. The Development and Validation of a Group Test of Logical Thinking. Educational and Psychological measurement, 41: 413. Tersedia di http://epm.sagepub.com [diakses 25-1-2016]
  36. Trifone, J.D. 1987. The test Of Logical Thinking. The American Biology Teacher, 49 (8).
  37. Ulfah, A. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Group investigation Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Koloid di SMA. Artikel Ilmiah online. Pontianak: Universitas Tanjungpura http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/7535 [diakses 1-18-2016]
  38. Wahyuningsih, I., Sarwi & Sugianto. 2012. Penerapan Model Kooperatif Group Investigation Berbasis Eksperimen Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. Unnes Physics Educational Journal. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej [diakses 1-18-2016
  39. Wiryarta, N. S., W. Sujana & I. B. S Manuaba. 2014. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Penilaian Proyek Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar Timur. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1949 [diakses 1-18-2016]
  40. Yuritantri, L. A. 2013. Pembelajaran dengan Metode Guided Inquiry untuk Mengembangkan Rasa Ingin Tahu dan Keterampilan Komunikasi Siswa. Skripsi. Tersedia di http://lib.unnes.ac.id [diakses 1-25-2016]