Main Article Content
Abstract
Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII E semester genap SMP Negeri 1 Kedungbanteng tahun pelajaran 2015-2016 pada pokok bahasan panjang garis singgung lingkaran. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII E semester genap SMP Negeri 1 Kedungbanteng tahun pelajaran 2015-2016 pada pokok bahasan panjang garis singgung lingkaran. Hasil penelitian tindakan kelas ini sebagai berikut: (1) Rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 13,76 dengan predikat cukup aktif dan meningkat pada siklus II mempunyai rata-rata skor aktivitas siswa 17,08 dengan predikat aktif meningkat sebesar 24,13%. 2) Hasil tes kemampuan pemecahan masalah diperoleh rata-rata pada siklus I yaitu 78 dan meningkat pada siklus II yaitu mempunyai rata-rata 83,19 meningkat sebesar 6,65%. 3) Hasil tes kemampuan pemecahan masalah diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu 83,3% dan meningkat pada siklus II yaitu 91,7% meningkat sebesar 10,08%. 4) Keempat indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu (a) Persentase kemampuan memahami masalah pada siklus I adalah 99,8% (Sangat baik) tetap pada siklus II adalah 99,8% (sangat baik), (b) Persentase kemampuan merencanakan strategi pemecahan masalah pada siklus I adalah 77,5% (Baik ) dan meningkat pada siklus II adalah 84,7% (baik), (c) Persentase kemampuan menyelesaikan masalah pada siklus I adalah 69,8% (Cukup Baik) dan meningkat pada siklus II adalah 75,3% (baik), (d) Persentase kemampuan mengevaluasi penyelesaian pada siklus I adalah 97,9% (Sangat Baik) dan meningkat pada siklus II adalah 99,7% (sangat baik).
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License