Main Article Content
Abstract
Tujuan umum penelitian ini meningkatkan hasil belajar matematika. Upaya peningkatan hasil belajar matematika pada penelitian ini menggunakan  pembelajaran kooperatif media Ka-Gem-Aris. Manfaat bagi siswa untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika. Bagi guru bermanfaat untuk mendorong kreativitas dalam mendesain inovasi pembelajaran. Kegiatan penelitian ini menggunakan metode PTK yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari Planning, Acting, Observing, dan Reflecting. Pada siklus I, hasil diskusi kelompok tidak dipresentasikan. Pada siklus II hasil diskusi kelompok dipresentasikan di depan kelas dan ditanggapi oleh kelompok yang lain. Sebelum diberi tindakan hasil belajar matematika rata-ratanya 64. siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 70, dan pada siklus II menjadi 77. Peran aktif siswa pada siklus II meningkat secara signifikan . Hal ini ditandai dengan semakin hidup pelaksanaan diskusi karena antar kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan ditanggapi kelompok lain.
Keywords
Kancing Gemerincing dan Arisan
Keaktifan Belajar
Hasil Belajar
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
References
- Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2000). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Depdikbud, Jakarta
- Winkel, W. S,. (2004), Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Moh.Surya, (1981). Pengantar Psikologi ,Pengaruh Faktor No Intelektual Terhadap Gejala Berprestasi Kurang, IKIP Bandung Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta Nasution, (2006). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta dan Depdikbud, Jakarta.