Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Talang semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui penggunaan metode Berjamu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Talang pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I dan siklus II pembelajaran dilakukan dengan penggunaan metode Berjamu tiap kelompok terdiri 4 siswa. Pada masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskriptif  komparatif  yang  dilanjutkan  refleksi.  Deskriptif  komparatif dilakukan dengan membandingkan data kondisi awal, siklus I dan siklus II, baik untuk aktivitas belajar dan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, penggunaan metode Berjamu dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika materi pokok bangun ruang sisi datar bagi siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Talang pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Terbukti persentase jumlah siswa dalam kategori aktivitas belajar baik meningkat dari kondisi awal 3% menjadi 18,75% pada siklus I dan menjadi 87,5% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 84,5% dari kondisi awal. Kedua, penggunaan penggunaan metode Berjamu dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok bangun ruang sisi datar bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Talang pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Terbukti persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari kondisi awal 21,88% menjadi 31,3% pada siklus I dan menjadi 87,5% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 65,62% dari kondisi awal.
Keywords
Berjamu
aktivitas belajar
hasil belajar
Bangun Ruang Sisi Datar
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
References
- Dharma, Surya. (2009). Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Dimyati. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta Fullu Azka. (2004). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Jigsaw II Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Pada Siswa Kelas II Semester 1 SMP N 10 Semarang Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. Semarang. Hamalik,Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara. Herman Hudoyo. (1990). Mengajar Belajar Matematika. Malang : IKIP Indrasari Reini
- Heward. (1996). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI. (2013). Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta : Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Nana Sujana. (1989). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru. Nasution. (1995). Didaktik Azas-azas Mengajar. Jakarta : Bina Aksara Peraturan Pemerintah. (2005). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta : Kemdikbud Rusman. (2008). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Sardiman. (2001). Interaksi dan motivasi belajar. Jakarta: Grafindo Persada. Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta. Slavin. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan praktik. Terjemahan Lita. Bandung : Nusa Media Sugeng Haryadi. (1993). Perkembangan Peserta Didik. Semarang : IKIP Semarang