Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VII H SMP Negeri 2 Tarub tahun pelajaran 2017/2018 melalui penggunaan metode tutor sebaya. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, obeservasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII H SMP Negeri 2 Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 31 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar peserta didik yang termasuk kategori aktif dan sangat aktif mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 71,0%, setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat menjadi 83,9%. Hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 64,5%, setelah dilakukan tindakan menjadi 77,4% pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa metode tutor sebaya terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Keywords

Aktivitas belajar Hasil Belajar Metode Tutor Sebaya

Article Details

References

  1. Amin Suyitno. (2004). Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES Andi Hakim Nasution. (1981). Beberapa Tujuan Mempelajari Matematika. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi B. Simanjuntak dan Pasaribu. (1983). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito. Departeman Pendidikan dan Kebudayaan. (2004). Kurikulum Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdikbud Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Harahap, Irpan. (2011). Keaktifan Belajar. (http//irpan1990.wordpress.com/ 2011/08/11/keaktifan-belajar) diunduh 5 September 2017 Martinis Yamin. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press. Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar. Jakarta : Bumi Aksara Sardiman, A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Slameto. 1987. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Soedjadi. 2007. Masalah Kontekstual sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa. Sudjana, N. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
  2. Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI