“Resep Dokter”” Sebuah Inovasi Model Pembelajaran Matematika SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan Perolehan nilai Ujian Nasional Matematika siswa SMP Negeri 5 Pemalang. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Sedangkan pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan berupa observasi. Data dianalisis dengan deskripsi komparatif yang dimaksudkan untuk membandingkan antara nilai awal dan hasil yang dicapai dengan target. Model ?Resep Dokter? merupakan inovasi penulis yang diaplikasikan dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi ujian nasional pelajaran Matematika. Model ini merupakan penggabungan metode diskusi, metode tutor teman sebaya, cara berpikir konstruktivisme dan trial and error yang dikemas seperti hubungan dokter, apoteker dan pasien. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan siswa mengerjakan soal-soal ujian nasional matematika mendapat nilai sama atau lebih tinggi dari KKM 3,50 pada kondisi awal 53%, pelaksanaan tindakan siklus I menjadi 59%, dan siklus II menjadi 72% dari 32 siswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model ?Resep Dokter? dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dari batas ketuntasan 70%.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License