Implementasi Media Video Bermuatan Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis
Main Article Content
Abstract
Media video merupakan sebuah sarana komunikasi yang isinya dapat dipahami melalui indra penglihatan maupun indra pendengaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektifitas media video bermuatan pendidikan lingkungan hidup untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pemanasan global. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi-experiment, Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan diperoleh kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu RPP, soal tes, dan Lembar validasidan desain penelitian menggunakan pre-test post-test control group design.Hasil penelitian ini diuji menggunakan uji N-Gain Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 kota Tegal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektivitas media video bermuatan pendidikan lingkungan hidup terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik masuk pada kategori cukup efektif dengan Perolehan N-gain keterampilan berpikir kritis sebesar 56,60%.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
References
Cahyaningtyas, E., Widiyanto, B., & Kusuma, M. (2019). Penguatan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis Model Problem Base Learning (PBL). cakrawala jurnal pendidikan, 13(2). Diambil dari http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala
Chalmers, D. J. (2011). Frege’s puzzle and the objects of credence. Mind, 120(479), 587–635. https://doi.org/10.1093/mind/fzr046
Ennis, R. (2011). Critical Thinking: Reflection and Perspective Part I. Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 26(1), 4–18. https://doi.org/10.5840/inquiryctnews20112613
Handriani, L. S., Harjono, A., & Doyan, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 210. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.261
Imamah, N. (2012). Peningkatan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif berbasis konstruktivisme dipadukan dengan video animasi materi sistem kehidupan tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 32–36. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2010
Noviyanto, T., Juanengsih, N., & Rosyidatun, E. (2015). Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernafasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Edusains, 7(1), 57–63. Diambil dari http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains
Nur Hayati, M., Saptorini, & Wahyukaeni S., T. (2016). Pancasakti Science Education Journal. Penggunaan Discrepant Events dengan Pendekatan POE Terhadap Hasil Belajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa, 1, 35–41. https://doi.org/https://doi.org/10.24905/psej.v1i1.486
Rotbain, Y., Marbach-Ad, G., & Stavy, R. (2008). Using a computer animation to teach high school molecular biology. Journal of Science Education and Technology, 17(1), 49–58. https://doi.org/10.1007/s10956-007-9080-4
Ruqoyyah, R., Fatkhurrohman, M. A., & Arfiani, Y. (2020). Implementasi Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Pop-up book untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 8(1), 42. https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6166
Simangunsong, T., & Mukhtar. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran IPA di SMP. In Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan (Vol. 2). Diambil dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/download/3288/2956
Susongko, P. (2017). Pengantar Metodeologi Penelitian Pendidikan. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal.
Widiyanto, B., Astuti, R. K., & Arfiani, Y. (2017). Program Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Kegiatan Duta Lingkungan Hidup Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(2), 40. https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i2.303
Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Jurnal LP3M, 3(2), 153–160. Diambil dari http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sosio/article/view/1614