Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan sikap peduli lingkungan peserta didik di sekolah green school dan sekolah non green school, (2) mengetahui implementasi program green school di SMP N 14 Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kausal komparatif. Subyek penelitian ini peserta didik kelas VII SMP N 14 Tegal dan peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Ketanggungan tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner, lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t sampel independent (dianggap skala interval). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan sikap peduli lingkungan peserta didik di sekolah green school dan sekolah non green school. (2) implementasi program green school di SMP N 14 Tegal sudah baik karena mengacu pada empat aspek yang dapat mendukung keterlaksanaan program green school yaitu kebijakan, kurikulum berbasis lingkungan, lingkungan berbasis partisipatif, dan sarana pendukung ramah lingkungan.

Keywords

Implementasi, Green School, Sikap Peduli Lingkungan

Article Details

References

  1. Afandi, Rifki. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau. Jurnal Pedagogia. 2 (1), 98-106
  2. Aminrad Z, ZakariyaSZBS, Hadi AS, Sakari M. (2013). Relationship between awareness, knowledge and attitudes towards environmental education among secondary school students in Malaysia. World Applied Sciences Journal. 22(9), 1326-1333
  3. Bantani, M Syafi’ie., Srinovita, Yulya. (2018). Pengaruh Program Green School Terhadap Motivasi Belajar, Tingkat Kebahagian Siswa Di Sekolah, dan Sikap Pro Lingkungan Serta Evaluasi Penerapannya (Studi Kasus pada SDN Lalareun, Sekolah Dampingan Dompet Dhuafa – PT. PGE). 1-19
  4. BPS-Statistics Indonesia. 2016. Statistik Lingkungan Hidup Indonesia. Jakarta : BPS-Statistics Indonesia
  5. Crowe, JL. (2013). Transforming environmental attitudes and behaviors through eco-spirituality and religion. International Electronic Journal of Environmental Education. 3(1), 75-88
  6. Eddy, Karden. (2013). Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: Djambatan Anggota Ikapi
  7. Fah LY & Sirisena A. (2014). Relationship Between The Knowledge, Attitude, Behavior Dimension of Environmental Literacy: A Structural Equation Modeling Approach using smartPLS. Jurnal Pemikir Pendidikan.5, 199-144
  8. Gosh, K. (2014). Environmental Awareness among Secondary School Students of Colaghat District in The State of Assam and Their Attitude towards Environmental Education. IOSR Journal Of Hummanities and Social Science. 19(3), 30-34
  9. Hafidhoh, Nur., Sholeh, Muh. (2015). Implementasi Pelaksanaan Program Green School Di Smp Negeri 1 Kudus. Jurnal Edu Geography. 3(6), 16-22
  10. Hamzah, S. 2013. Pendidikan Lingkungan. Bandung: PT. Refika Aditama
  11. Harju-Autti, P., & Kokki nen, E. (2014). A Novel Environmental Awareness Index Measured Cross Nationally For Fifty Seven Countries. Universal Journal of Environmental Research & Technology, 4(4), 178-198
  12. Mishra SK. 2012. Environmental awareness among senior cecondary students of Maheswar and Mandleshwar, Dist-Kargone (M.P). International Journal of Scientific and Research Publications. 2(11), 1-3
  13. Spinola H. (2015). Environmental literacy comparison between students taught in Eco-schools and ordinary schools in the Madeira Island region of Portugal. Science Education International. 26(3):392-413
  14. Sriyanto .(2015). Kondisi Lingkungan Hidup di Jawa Tengah dan Prospek Pembangunan ke Depan. Jurnal Geografi. 2 (4),107-103
  15. Sumarlin, Rachmawati, R., Suratman. (2013). Persepsi dan kepedulian siswa terhadap pengelolaan lingkungan sekolah melalui program adiwiyata. Majalah Geografi Indonesia. 27(1), 38-55
  16. Susongko, Purwo. 2019. Aplikasi Model Rasch Dalam Pengukuran Pendidikan Berbasis Program R. Tegal : Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal
  17. Syoffnelli, Saam Z., Thamrin. (2016). Pengaruh program adiwiyata terhadap pengetahuan perilaku dan keterampilan siswa dan guru. International Journal of Scientific and Research Publicayions. 2(11):1-3
  18. Kementrian Lingkungan Hidup. 2012. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta : Kementrian Lingkungan Hidup
  19. Ozsoy S, Ertepinar H, Saglam N. 2012. Can eco-school improve elementary school students environmental literacy levels? Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching. 13,1-25