Penggunaan Alat Peraga Gerhana Bulan untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kersana

Main Article Content

Ismiyatun Khasanah
Retna Kusuma Astuti
Mukhammad Aji Fatkhurrohman

Abstract

Antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA yag bersifat abstrak dan belum tersedia media pembelajara materi yang bersifat abstrak seperti materi tata surya, merupakan suatu kendala pembelajaran dalam IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan alat peraga Gerhana Matahari dan Bulan. Penelitian merupakan penelitian komparatif dan penelitian kualitatif dengan Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttesst Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Kersana, Brebes sebanyak dua kelas. Analisis data menggunakan uji Gain dan ketuntasan secara klasikal. berada pada kriteria sedang. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa penggunaan alat peraga gerhana dapat mengoptimalkan kualitas belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Kersana ditandai dengan peningkatan hasil belajar kognitif dengan hasil gain masing masing untuk kelas eksperimen g=0,66 dan kelas control g= 0,54 serta ketuntasan hasil belajar klasikal siswa  pada kelas eksperimen sebesar 81,25% dan pada kelas kontrol sebesar 71,42%.

 

Kata Kunci: Hasil belajar, Alat peraga, Tata surya, Gerhana

Article Details

Section
Articles