slot gacor https://s2maben.pascasarjana.unri.ac.id/s2-maben/mahademo/ https://survey.radenintan.ac.id/surat/gratis/ https://sipenda.lombokutarakab.go.id/files/payment/demo-gratis/
jp1131 https://login-bobabet.com/ https://sugoi168daftar.com/ https://login-domino76.com/
https://lms.poltekbangsby.ac.id/pros/hk/
https://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jpmp/issue/feed JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) 2023-10-09T08:54:56+07:00 Yuni Arfiani yuniarfiani00@gmail.com Open Journal Systems <div id="journalDescription"> <p align="justify">JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) with registered number ISSN 2597-9582 (Online), ISSN 2597-7024 (Print) is a periodical journal conducted by a team of Science Education Studies Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal.</p> <p align="justify">This journal contains a variety of scientific articles related to research in the field of Mathematic and Science Education. The range of topics in the specific journals may include the Application of mathematic and Science <a title="pafimemet.org" href="https://pafimemet.org/" target="_blank" rel="noopener">pafimemet.org</a> Lessons, the Development of Mathematic and Science Education Research,&nbsp; <a title="dajjal.us" href="https://dajjal.us/" target="_blank" rel="noopener">dajjal.us</a> the Making of Mathematic and Science Education Materials, the Technology and the Learning Media of Science and Mathematic, the Evaluation of the Mathematic and Science Program and Learning.</p> <p align="justify">Authors who want to submit their manuscript to the editorial office of JPMP should obey the writing guidelines. If the manuscript submitted is not appropriate with the guidelines or written in a different format, it will be rejected by editors before further reviewed. The editors will only accept the manuscripts which meet the assigned format.</p> <p align="justify">JPMP publish journals twice in two years: January and July. Please make the new Template Article then submit your manuscript.</p> </div> https://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jpmp/article/view/1990 PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS MELALUI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MEDIA VLOG BERBANTUAN LKPD DIMASA PANDEMI COVID-19 2023-10-09T08:54:56+07:00 Cicih Anita Cicih cicihanita58@gmail.com Yuni Arfiani yuniarfiani01@gmail.com <p>Penelitian ini betujuan (1) Untuk mengetahui adanya efektifitas pembelajaran IPA berbasis media <em>vlog</em> berbantuan LKPD untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik dalam belajar dimasa pandemi Covid-19. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan analisis peserta didik dalam menggunakan media berbasis <em>vlog</em> berbantuan LKPD pada mata pembelajaran IPA materi pencemaran tanah dimasa pandemi covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar berdistribusi normal serta berdistribusi homogen.&nbsp; Sedangkan untuk angket keaktifan belajar peserta didik pada kelas eksperimen menujukkan ?sangat aktif? serta kelas kontrol rata-rata menunjukkan ?tidak aktif?.</p> <p>Simpulan penelitian ini adalah (1) Pembelajaran menggunakan media <em>vlog</em> berbantuan LKPD untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik dimasa pandemi covid-19 cukup efektif dibandingkan pembelajaran menggunakan media<em> powerpoint</em> berbantuan LKPD tanpa <em>vlog</em> dilihat dengan nilai <em>N-Gain</em> yang diporoleh kelas eksperimen yaitu sebesar 43,84. (2) Terdapat peningkatakan kemampuan analisi peserta didik yang dibuktikan dengan hasil nilai rata-rat&nbsp; LKPD kegiata 1 pada kelas eksperimen lebih besar yaitu 78,3 sedangkan kelaskontrol sebesar 65,83 dan kegiatan 2 pada kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 79,67.</p> 2022-06-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) https://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jpmp/article/view/1991 PENGARUH DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING BERBANTUAN GOOGLE MEET TERHADAP HASIL BELAJAR SAAT PANDEMI 2023-10-09T08:54:34+07:00 Yulia Yonelda Yulia yuliayonelda99@gmail.com M. Aji Fatkhurrohman ajifatkhurrohman86@gmail.com Muriani Nur Hayati murianinh@upstegal.ac.id <p>Model discovery learning mendorong siswa untuk aktif dalam menemukan pengetahuannya sendiri. Selain itu diperlukan media <em>mind mapping</em> untuk mempermudah ingatan pikiran siswa berupa peta yang disertai gambar. Sehingga pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar walaupun ditengah pandemi covid-19. Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) keefektifan model <em>discovery learning</em> berbantuan<em> mind mapping</em> terhadap hasil belajar IPA&nbsp; (2) perbedaan hasil belajar siswa antara model <em>discovery learning</em> berbantuan <em>mind mapping</em> dengan model <em>discovery learning</em> tanpa <em>mind mapping</em>. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen, dengan <em>design pretest-posttest control group</em>. Hasil penelitian menunjukan (1) model <em>discovery learning</em> berbantuan <em>mind mapping</em> untuk meningkatkan hasil belajar IPA dalam kategori cukup efektif dengan nilai rata-rata sebesar 69,38 %. (2) hasil belajar siswa dengan model <em>discovery learning</em> berbantuan <em>mind mapping</em> terdapat perbedaan yaitu nilai uji t sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model <em>discovery learning</em> dengan <em>mind mapping</em> terhadap hasil belajar IPA siswa</p> 2022-06-08T13:20:41+07:00 Copyright (c) 2022 JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) https://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jpmp/article/view/1992 IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT BERBASIS PERMAINAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA 2022-06-08T13:38:22+07:00 Indah Tri Apriliani indah4032@gmail.com Muriani Nur Hayati murianinh@upstegal.ac.id M. Aji Fatkhurrohman ajifatkhurrohman86@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan komunikasi peserta didik antara model pembelajaran TGT <em>(Team Games Tournament) </em>berbasis permainan kearifan lokal dengan model pembelajaran TGT <em>(Team Games Tournament) </em>tanpa berbasis permainan kearifan lokal dan mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik antara model pembelajaran TGT <em>(Team Games Tournament) </em>berbasis permainan kearifan lokal dengan TGT <em>(Team Games Tournament) </em>tanpa berbasis permainan kearifan lokal. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMPN 5 Adiwerna tahun ajaran 2021/2022. Teknik Pengumpulan data menggunakan <em>purposive sampling</em>. Sample yang digunakan dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII I sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dengan menggunakan lembar tes, dokumentasi, dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji independent t-Test dan uji N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat komunikasi antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh nilai presentase sebesar 73,06% termasuk dalam kategori baik. Sedangkan&nbsp; kelas&nbsp; kontrol memperoleh nilai presentase sebesar 60,5% termasuk dalam kategori cukup baik. Serta terdapat perbedaan hasil&nbsp; belajar peserta didik dengan dibuktikan hasil analisis Uji T (Independent Sample T-test) yaitu didapat nilai sig (2- tailed) sebesar 0.010 atau lebih kecil dari 0.05.</p> 2022-06-08T13:32:22+07:00 Copyright (c) 2022 JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) https://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jpmp/article/view/1988 Implementasi LKPD IPA Berbasis Model Pembelajaran Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Masa Pandemi 2022-06-08T13:35:26+07:00 Dikha Rizki Palupi dikha.rizkipalupi@gmail.com M. Aji Fatkhurrohman ajifatkhurrohman86@gmail.com Yuni Arfiani yuniarfiani01@gmail.com <p>Riset ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar peserta didik LKPD IPA berbasis model pembelajaran EJAS dengan LKPD IPA berbasis model pembelajaran <em>Problem Solving</em>, (2) tingkat efektivitas LKPD IPA berbasis model EJAS.Jenis penelitian adalah penelitian <em>quasi</em> eksperimen dengan design <em>pretest-posttest control group</em>. Sampel penelitian yaitu siswa SMP di kota Tegal diambil dengan teknik <em>purposive sampling</em>. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes berupa soal <em>pretest-posttest</em> dan non tes berupa LKPD, RPP, dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu uji <em>independent sampel t-test</em> dan uji N-Gain.Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik LKPD IPA berbasis model pembelajaran EJAS dengan LKPD IPA berbasis model pembelajaran <em>Problem Solving</em>diperoleh nilai uji t sebesar 0,000. (2) tingkat efektivitas LKPD IPA berbasis model pembelajaran EJAS berada pada kategori cukup efektif dengan nilai persentase uji N-Gain Score sebesar 62,51%.</p> 2022-06-08T13:34:53+07:00 Copyright (c) 2022 JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) https://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jpmp/article/view/1993 PENERAPAN LKPD IPA BERBANTUAN APLIKASI PADLET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP 2022-06-08T13:40:26+07:00 Ernanda Zakia Fitro zaki bayuwidiyanto@upstegal.ac.id Bayu Widiyanto bayu.slawi@gmail.com Muriani Nur Hayati murianinh@upstegal.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan penngkatan hasil belajar peserta didik di kelas yang menggunakan media pembelajaran LKPD IPA bernantuan aplikasi padlet dengan kelas yang menggunakan media pembelajaran LKPD IPA cetak dan (2) respon peserta didik terhadap media pembelajaran LKPD IPA berbantuan aplikasi padlet. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian <em>quasi </em>eksperimen dengan <em>design</em> <em>pretest-posttest</em> <em>control group</em>. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran LKPD IPA berbantuan aplikasi padlet. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik MTS NU 01 Kramat pada kelas VII D sebanyak 33 peserta didik sebagai kelas kontrol dan VII B sebanyak 33 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal <em>pretest </em>dan <em>posttest </em>dan&nbsp; instrumen&nbsp; non test berupa angket respon, LKPD IPA padlet, LKPD IPA cetak, RPP kelas eksperimen dan kontrol. Pengujian instrumen mengunakan bantuan aplikasi <em>Microsoft Excel</em> dan <em>SPSS versi</em> 21. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas ekperimen yang menerapkan media LKPD IPA padlet dengan kelas kontrol yang menerapkan media LKPD IPA cetak dibuktikan dengan hasil uji-T sebesar 0,000. Media pembelajaran LKPD IPA berbantuan aplikasi padlet memperoleh&nbsp; respon baik dari peserta didik, dilihat dari perolehan analisis angket respon sebesar 72,8%.</p> 2022-06-08T13:39:58+07:00 Copyright (c) 2022 JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) https://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jpmp/article/view/2021 Keefektifan Model Pembelajaran Group Investigation Materi Pencemaran Air Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Berpikir Kritis Peserta Didik 2022-08-26T13:13:35+07:00 Anis Nurkhasanah Anis yuniarfiani01@gmail.com Yuni Arfiani yuniarfiani01@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya efektifitas dan hasil belajar model pembelajaran <em>group investigation </em>terhadap hasil belajar kognitif dan berpikir kritis peserta didik. Jenis dari penelitian ini yaitu <em>quasi experiment</em>, dengan desain <em>pretest dan postest</em> <em>controll group design</em>. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Al-Irsyad Kota Tegal tahun ajaran 2020/2021<em>. </em>Teknik pengumpulan data yaitu tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reabilitas, <em>uji paired sample t-test</em>, uji N-gain, dan <em>uji independent sample t-test.</em> Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran <em>group investigation </em>efektif terhadap hasil belajar kognitif mencapai nilai KKM 75% dan berpikir kritis peserta didik mencapai nilai KKM 60%. Terdapat perbedaan hasil belajar dan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran konvesional dengan model pembelajaran <em>group investigation </em>dapat dilihat dari presentae ketuntasan peserta didik dimana pada hasil belajar kognitif kelas eksperimen presentase ketuntasan 90% dan kelas kontrol 42%, berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen 75,66 dikategorikan kritis dan kelas kontrol 56,71 dikategorikan cukup kritis.</p> 2022-06-17T10:47:39+07:00 Copyright (c) 2022 JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) https://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jpmp/article/view/2022 Implementasi Science Storytelling Berbasis Kearifan Lokal Pantai Muarareja Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta 2022-06-17T11:04:52+07:00 Faqihatu Isma faihatun2@gmail.com M. Aji Fatkhurrohman ajifatkhurrohman86@gmail.com <p>Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, efektivitas metode pembelajaran <em>science storytelling</em> berbasis kearifan lokal pantai Muarareja dan respon peserta didik terhadap metode <em>science storytelling</em> berbasis kearifan lokal pantai Muarareja. Penelitian ini merupakan penelitian <em>quasi experimrntal</em> dengan desain<em> pretest-posttest</em> yang tak ekuivalen desain. Populasi yang digunakan yaitu peserta didik kelas VII. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII A sejumlah 32 peserta didik dan kelas VII C sejumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes <em>essay </em>dan angket. Data dianalisis menggunakan uji <em>independent sample t-test </em>dan uji <em>N-gain</em>. Berdasarkan hasil analisis uji <em>independent sample t-test </em>diperoleh signifikansi 0,00 &lt; 0,05 menunjukan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil analisis uji <em>N-gain </em>pada kelas eksperimen sebesar 57,62% termasuk dalam kategori cukup efektif. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode <em>science storytelling </em>berbasis kearifan lokal pantai Muarareja efektif digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Respon peserta didik terhadap metode <em>science storytelling</em> berbasis kearifan lokal pantai Muarareja termasuk dalam kategori sangat tinggi.</p> 2022-06-17T11:03:43+07:00 Copyright (c) 2022 JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti)