Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa

Erni Fatmawati, Karmin Karmin, Rahayu Sri Sulistiyawati

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) Rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol; 2) Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen; 3) Perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dengan eksperimen. Metode penelitian eksperimen, dengan rancangan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling berjumlah 50 siswa. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran berupa tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan: 1) Rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 72,93 kategori baik. 2) Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 79,87 kategori sangat baik. 3) Perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen menggunakan uji statistik t-test yaitu Separated Varians memperoleh thitung = 5.932 dan ttabel = 2,064 dengan taraf signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen.


Keywords


Media Pembelajaran Berbasis Video, Demonstrasi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Budiyanto, A. K. (2016). Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMM Press

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran (Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media.

Kustandi, C. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surachmad, W. (2003). Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar Dasar dan Tekhnik Metodologi Pengajaran. Bandung : Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Cakrawala: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 

__________________________________________________

Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
Jl. Halmahera KM. 1. Tegal
Jawa Tengah, Indonesia - Kode Pos: 52121

 

Lisensi Creative Commons
Cakrawala by http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusion-ShareAlike 4.0 Internasional licence.

__________________________________________________