Main Article Content

Abstract

Transmisi otomatis adalah sistem transmisi daya dari mesin menuju ban belakang menggunakan sabuk yang menghubungkan antara drive pulley dengan driven pulley menggunakan prinsip gaya gesek. Dalam Transmisi otomatis terdapat Weight atau roller berfungsi sebagai pendorong sliding sheave. Weight bekerja akibat adanya putaran yang tinggi dan gaya sentrifugal, sehingga slider mendorong weight dan menekan sliding sheave. Modifikasi ukuran weight untuk tuning standar mesin gokart matic. Untuk mendapatkan akselerasi (top speed) tanpa mengubah mesin ialah dengan mengganti ukuran standar weight tersebut. Hasil pengujian diperoleh, yaitu roller 9 gram jarak 0-70 meter mencatat waktu 9,5 detik, jarak  0-80 meter 10,40 detik dan jarak 0-90 meter mencatat 11,54 detik. Roller 10 gram jarak 0-70 meter mencatat waktu 9,6 detik, jarak 0-80 meter 10,43 detik dan jarak 0-90 meter mencatat 11,55 detik. Roller 11 gram jarak 0-70 meter mencatat 10,02 detik, jarak 0-80 meter 10,49 detik dan jarak 0-90 meter mencatat 12,04 detik. Roller 12 gram jarak 0-70 meter  mencatat 10,03 detik, jarak 0-80 meter 10,55 detik dan  jarak 0-90 meter  mencatat 12,05 detik. Modifikasi roller 9 gram dan 11 gram yang dikombinasikan pengujian jarak 0-70 meter mencatat waktu 5,25 detik, jarak  0-80 meter 7,95 detik dan jarak 0-90 meter mencatat waktu 10,5 detik.

Keywords

akselerasi, mesin matic, modifikasi, roller, top speed

Article Details