Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : ( 1 ) meningkatkan keaktifan siswa pada materi sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bagi siswa kelas IX; ( 2 ) meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bagi siswa kelas IX dengan menggunakan model pembelajaran RME. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus dengan populasi penelitian adalah semua siswa kelas IX D semester 2 SMP Negeri 1 Warureja kab. Tegal tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 34 siswa dengan 18 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas adalah ; ( 1 ) penggunaan pembelajaran model RME dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika pada materi sifat-sifat operasi bilangan berpangkat pada siswa kelas IX D semester 2 SMP Negeri 1 warureja kab. Tegal tahun pelajaran 2015/2016. ( 2 ) Penggunaan pembelajaran model RME dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi sifat-sifat operasi bilangan berpangkat pada siswa kelas IX D semester 2 SMP Negeri 1 warureja kab. Tegal tahun pelajaran 2015/2016 . Dari kesimpulan diatas di sarankan agar ( 1 ) Guru hendaknya lebih menguasai konsep dasar materi matematika agar dapat mengolah berbagai model-model pembelajaran yang lain. ( 2 ) Pembelajaran model RME dapat diterapkan bukan hanya pada materi sifat-sifat operasi bilangan berpangkat saja, tetapi perlu dicoba pada kompetensi Dasar yang lainnya demi untuk memajukan dunia pendidikan pada umumnya dan khususnya untuk meningkatkan prestasi belajar matematika.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License