Peningkatan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Perbandingan Menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Snow Ball bagi Siswa Kelas VII
Main Article Content
Abstract
Model pembelajaran yang menarik dan dapat memacu siswa untuk ikut serta secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar yaitu model pembelajaran aktif. Pada dasarnya, pembelajaran aktif adalah suatu pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar secara aktif. Dimana peserta didik diajak untuk turut serta dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran aktif yang dapat mengatasi permasalahan di atas yaitu tipe snow ball. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa dengan penggunaan model pembelajaran aktif tipe snow ball dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Maka hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran aktif tipe snow ball sangat membantu dalam usaha peningkatan prestasi belajar matematika siswa. Suasana belajar yang ditimbulkan dalam pembelajaran lebih menyenangkan karena siswa belajar secara berkelompok dari kelompok kecil kekelompok yang lebih besar sehingga meminimalisasi rasa bosan dan jenuh dalam belajar matematika.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License