Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran CTL memenuhi KKM, (2) Siswa yang diajar model pembelajaran CTL lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat maupun prestasi belajar matematika (3) ada perbedaan minat dan prestasi belajar siswa yang diajar model pembelajaran CTL dengan model pembelajaran konvensional, (4) minat dan prestasi belajar siswa yang diajar model pembelajaran CTL lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017 terdiri atas 9 kelas sebanyak 323 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelasĀ  VII B sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunkan teknik dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Instrumen telah teruji validitas dan reabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, uji manova dan ?^2-Hotteling. Hasil penelitian menyatakan bahwa minat dan prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran CTL lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.

Article Details