Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran CTL memenuhi KKM, (2) Siswa yang diajar model pembelajaran CTL lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat maupun prestasi belajar matematika (3) ada perbedaan minat dan prestasi belajar siswa yang diajar model pembelajaran CTL dengan model pembelajaran konvensional, (4) minat dan prestasi belajar siswa yang diajar model pembelajaran CTL lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017 terdiri atas 9 kelas sebanyak 323 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelasĀ VII B sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunkan teknik dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Instrumen telah teruji validitas dan reabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, uji manova dan ?^2-Hotteling. Hasil penelitian menyatakan bahwa minat dan prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran CTL lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License