Main Article Content

Abstract

Penelitian dengan judul Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Prestasi Belajar Matematika bertujuan untuk mendeskripsikan (1)prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TPS dengan penggunaan LKPD mencapai target (2)adanya perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS dengan penggunaan LKPD dengan ekspositori dengan penggunaan LKPD (3)prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS dengan penggunaan LKPD lebih baik dibandingkan model pembelajaran ekspositori dengan penggunaan LKPD. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester II SMP Neger 1 Ampelgading tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 283 peserta didik yang terbagi dalam 9 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample dan cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 1 kelas eksperimen, 1 kelas kontrol, dan 2 kelas uji coba. Uji validitas menggunakan model rasch. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dengan taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji-t dua pihak, dan uji-t satu pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TPS dengan penggunaan LKPD mencapai target (2)terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TPS dengan penggunaan LKPD dengan ekspositori dengan penggunaan LKPD (3)prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TPS dengan penggunaan LKPD lebih baik dibandingkan model ekspositori dengan penggunaan LKPD.

Article Details

References

  1. Arikunto, S. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
  2. Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  3. Awalia, R. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Reprocal Teaching Terhadap Hasil belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Balang-Balang Kecamatan Bontomaranu Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 3(1), Juni 2015.
  4. Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka
  5. Diana, A. L. (2018). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK, PAIR, SHARE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 02 WONOSARI GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Karya Ilmiah Mahasiswa Progdi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP, 2(2).
  6. Elywati, E., Budiyono, B., & Sujadi, I. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbantuan Media Interaktif Pada Materi Peluang Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(3).
  7. Fathani, A. H. 2009. Matematika Hakikat & Logika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  8. Hamdani, M. A. 2011. Strategi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia
  9. Ibrahim R. dan Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
  10. Lestari, E. K. dan M. Ridwan. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
  11. Majid, A. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  12. Mufidah, L., Dzulkifli, E., & Titi, T. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 117-125.
  13. Mulyasa E. 2008. Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  14. Nasution, Y., & Surya, E. (2017). Application Of TPS Type Cooperative Learning in Improving Students’ Mathematics Learning Outcomes. International Journal of sciences, 34(1), 116-125
  15. Nuharini, Dewi, dkk . 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk VII SMP dan MTs. Jakarta : Pusat perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  16. Nwaubani et al. (2016). Effects of Think-Pair Share (Tps) And Student teams-Achievement Divisions (Stad) Instructional Strategies on Senior Secondary School Students’s Achievement in Economics. Australian Journal of Basic and Applied Science, 10(3), 1-9.
  17. Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagarfindo Persada.
  18. Sani, Bani dan Imas Kurniasih. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
  19. Satria hendra dkk. 2015. Penerapan Model Inkuiri Dan Ekspositori Pada Pembelajaran Materi Ajar Internet. Jurnal Dinamika, 5(3), 14-19.
  20. Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
  21. Sholikhah, Z., Kartana, T. J., & Utami, W. B. (2018). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN OPEN-EnDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA. JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika), 4(1), 35-46
  22. Subana, M., & Sudrajat. 2005. Dasar-dasar penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia
  23. Sudjana. 2013. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito.
  24. Sudjana, N., dan Ahmad R. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  25. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta
  26. Sujari, S., & Kusmanto, B. (2014). PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 2 GIRISUBO GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(3).
  27. Sumarni, S. (2016, November). Think Pair Share Effect of Understanding the Concept and Achievement. In Proceeding of the International Conference on teacher Training and Education (Vol. 2, No. 1, pp. 783-787).
  28. Sunarto, W., Sumarni, W., & Suci, E. (2008). Hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajaran metode Think-Pair-Share dan metode ekspositori. Jurnal inovasi pendidikan kimia, 2(1).
  29. Susongko, P., & Fatkhurrahman, M. A. (2017). DETERMINANTS FACTORS ANALYSIS OF INDONESIAN STUDENTS’PHYSICS ACHIEVEMENT IN TIMSS 2011. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(1), 49-58.
  30. Susongko, Purwo. 2016. Penilaian Hasil Belajar. Tegal: Badan Penerbitan Universitas Pancasakti Tegal.
  31. Susongko, Purwo. 2016. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Tegal: Badan Penerbitan Universitas Pancasakti Tegal.
  32. Susongko, P. (2016). Validation of science achievement test with the rasch model. Jurnal pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 268-277.
  33. Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  34. Yusuf, M. (2010). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif Berbasis Komputer di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 34-44.