Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP N 12 Kota Tegal

Main Article Content

Nurul Aisyah
Bayu Widiyanto
Mukhammad Aji Fatkhurrohman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) membandingkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan dan tidak menggunakan alat peraga sistem peredaran darah, dan (2) mengetahui perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media sederhana dengan yang tidak menggunakan alat peraga sistem peredaran darah. Rancangan penelitian menggunakan metode quasi experimental yaitu non equivalent kontrol group design. Sampelnya adalah kelas kontrol yaitu VIII D yang berjumlah 30 dan kelas eksperimen VIII B berjumlah 30 peserta didik. Data respon peserta didik didapatkan melalui angket dan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan datapre-test post-test. Hasil analisis data nilai peserta didik didapatkan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 38,66 dan nilai rata-rata Post-test 68,66. Sedangkan nilai rata-rata Pre-test pada kelas eksperimen 50 dan nilai rata-rata Post-test adalah 79,66. Hasilsignifikasi diperoleh Sig hitung = 0,878 >α = 0,05 sehingga thitung berada pada daerah penolakan H1, yang berarti hipotesis H1 ditolak dan hipotesis H0 diterima.

 

Kata Kunci: Media, Alat Peraga, Sistem Peredaran Darah, Hasil Belajar

Article Details

Section
Articles