Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP N 12 Kota Tegal
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) membandingkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan dan tidak menggunakan alat peraga sistem peredaran darah, dan (2) mengetahui perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media sederhana dengan yang tidak menggunakan alat peraga sistem peredaran darah. Rancangan penelitian menggunakan metode quasi experimental yaitu non equivalent kontrol group design. Sampelnya adalah kelas kontrol yaitu VIII D yang berjumlah 30 dan kelas eksperimen VIII B berjumlah 30 peserta didik. Data respon peserta didik didapatkan melalui angket dan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan datapre-test post-test. Hasil analisis data nilai peserta didik didapatkan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 38,66 dan nilai rata-rata Post-test 68,66. Sedangkan nilai rata-rata Pre-test pada kelas eksperimen 50 dan nilai rata-rata Post-test adalah 79,66. Hasilsignifikasi diperoleh Sig hitung = 0,878 >α = 0,05 sehingga thitung berada pada daerah penolakan H1, yang berarti hipotesis H1 ditolak dan hipotesis H0 diterima.
Â
Kata Kunci: Media, Alat Peraga, Sistem Peredaran Darah, Hasil Belajar
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License