Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dan menggunakan pengembangan model Borg dan Gall yang dilakukan dengan Sembilan langkah yaitu  potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk awal,revisi produk, ujicoba produk akhir dan revisi produkakhir. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil validasi yang didapat dari berbagai ahli,dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti ini sudah memenuhi standar yang dibutuhkan dan layak untuk digunakan. Dengan persentase kevalidan ahli materi sebesar 82 % , ahli media 90.66  % dan praktisi pendidikan 89.33 %.  Validasi dan respons peserta didik pada uji coba skala kecil diperoleh 79  % dan padaskalabesar diperoleh 80 %. Hal ini menunjukkan bahwa media komik sangat layak digunakan sebagai bahan ajar. Sebelum menggunakan bahan ajar IPA dengan media komik sikap peduli lingkungan peserta didik adalah 65.71 %  dalam kualifikasi sedang  dan hasil lembar angket setelah menggunakanbahan ajar komik adalah 85 % dalam kualifikasi sangat tinggi. Hal ini menunjukkan terdapat adanya  peningkatan sikap peduli lingkungan sebesar 19 %.  Simpulan penelitian ini yaitu penggunaan media komik dapat dikembangkan pada penelitian yang lain serta dapat meningkatkan  sikap peduli lingkungan peserta didik kelas VII SMP N 14 Kota Tegal Tahun Ajaran 2019/2020.

Keywords

Bahan ajar IPA, Komik, Sikap peduli lingkungan

Article Details

Author Biographies

Bayu Widiyanto, UPS tegal

Pendidian IPA UPS Tegal

Muriani Nur Hayati, UPS tegal

Pendidikan IPA UPS Tegal

References

  1. Alpusari, mahmud dan Riki, Apriandi, Putra. 2013.The Application Ofcoorperatie learningThinkPair share (TPS) model to Increase The Process Science Skills In Class IV Elementry School Number 81 pekan Baru City/InternasionalJournal Of Science And Research.Vol.4 No.4 dalam ISSN 2319-7064 Diunduh tgl 3 februari 2020.
  2. Amini, R., dan Munandar A., 2010, Pengaruh Model Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Berbasis Outdoor Terhadap Penguasaan Konsep endidikan Lingkungan Bagi Calon Guru Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1): 2-4
  3. Ikhsaniyah, Wahdatul. (2015). Efektivitas Media Komik Biologi Materi Virus melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Compositing (CICR) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biolgi Siswa kelas X SMA N 1 Sewon. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
  4. OECD.(2012) Pisa 2012 Result in Focus what 15- years- old know and what they can do with what they knot.
  5. Mallia, dalam bread. (2012) firda, Rahmania,Suliyanah,Hidayati.(2012) Hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran komik pada materi getaran.
  6. Mulyani, Tri (2009) Efektifitas pengguna media komik strip pada pembelajaran materi saling ketergantungan dalam ekosistem dismp Negeri 1 Kaliwungu Kudus. Skripsi. Unnees
  7. Muriati, S. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Sel Pada Program Studi Pendidikan Biologi Uin Alauddin Makassar. Florea?: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya,1(2). https://doi.org/10.25273/florea.v1i2.383
  8. Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  9. Setyowati, Parmin, Widiyatmoko (2013). Pengembangan Modul IPA Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi Sebagai Bahan Ajar Siswa SMK N 11 Semarang.
  10. Widiyanto, B, Astuti, K.R & Arfiani, Y.( 2017) Program Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Kegiatan Duta Lingkungan Hidup di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo. Vol (1) 40-51 42.https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6