Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain pretest-postest control grub. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 14 Kota Tegal tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 58 peserta didik. Dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektivitas metode praktikum guided discovery dan mengetahui profil ketrampilan berpikir kritis peserta didik menggunakan metode praktikum guided discovery pada materi pemanasan global. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data awal meliputi uji instrumen tes dan uji instrumen non tes dan analisis data akhir meliputi uji prasyarat, analisis hipotesis uji T, analisis keterampilan berpikir kritis dan uji efektivitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode praktikum guided discovery dalam pembelajaran IPA berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis peserta didik, hal ini dilihat dari nilai rata-rata tes kemampuan akhir (postest) kelas eksperimen sebesar 77,75 dan penerapan metode praktikum guided discovery pada kelas eksperimen dalam kategori cukup efektif dalam meningkatkan ketrampilan berpikir kritis peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 57,17%.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License