Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain pretest-postest control grub. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 14 Kota Tegal tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 58 peserta didik. Dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektivitas metode praktikum guided discovery dan mengetahui profil ketrampilan berpikir kritis peserta didik menggunakan metode praktikum guided discovery pada materi pemanasan global. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data awal meliputi uji instrumen tes dan uji instrumen non tes dan analisis data akhir meliputi uji prasyarat, analisis hipotesis uji T, analisis keterampilan berpikir kritis dan uji efektivitas.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode praktikum guided discovery dalam pembelajaran IPA berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis peserta didik, hal ini dilihat dari nilai rata-rata tes kemampuan akhir (postest) kelas eksperimen sebesar 77,75 dan penerapan metode praktikum guided discovery pada kelas eksperimen dalam kategori cukup efektif dalam meningkatkan ketrampilan berpikir kritis peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 57,17%.

Article Details