Main Article Content
Abstract
Kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Dalam hal ini, Arif S. dkk (2009:6-7) mengemukakan bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian sehingga proses belajar terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas penggunaan alat peraga dalam pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII. Soal yang digunakan pada eksperimen ini adalah 10 soal pilihan ganda. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan alat peraga terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan perbandingan ketuntasan klasikal pada kelompok eksperimen yaitu 100% dan kelompok kontrol adalah 73,3%. Hasil analisis menunjukkan bahwa data kita homogen (F=0.176; p>0.05). Artinya tidak ada varians antara kelompok eksperimen dan kontrol. Dengan kata lain variasi data pada kedua kelompok adalah sama. Karena data kita homogen, maka kita arahkan mata kita membaca kolom Equal Variances Assumed. Terlihat bahwa ada perbedaan pada taraf 1 persen (t=1.514; p<0.01). Artinya kelompok eksperimen memiliki perubahan yang signifikan dibanding dengan kelompok kontrol. Jadi perlakuan yang diberikan pada kelompok eksperimen berhasil, penggunaan alat peraga dalam pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License