Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini 1) mengetahui perbedaan High Order Thinking Skill (HOTS) peserta didik yang menggunakan model POE berbasis Blended dan model kooperarif tipe STAD pada peserta didik. 2) mengetahui pengaruh intensitas belajar peserta didik yang menggunakan model POE berbasis Blended terhadap HOTS. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental Design dengan desain kelompok Posttest-Only Control Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai posttest bertaraf HOTS diperoleh t hitung = 5,256, dengan t tabel = 1,673 (t hitung> t tabel) sehingga model pembelajaran POE berbasis Blended mempunyai perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan model kooperatif tipe STAD. Analisis dengan uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi,Y = 4,305 + 0,960 X yang menunjukkan bahwa aktivitas belajar yang menggunakan model POE berbasis Blended berpengaruh positif dalam meningkatkan HOTS peserta didik

Article Details