Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model Creative Problem Solving berbantu media visual dengan model pembelajaran Ekspositori. 2) Prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model Creative Problem Solving berbantu media visual lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah sebagian peserta didik kelas VII semester genap yang berjumlah 159 peserta didik yang terbagi dalam lima kelas. Pengambilan sampel menggunakan lotre terhadap populasi. Metode pengumpulan data dengan tes. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya beda. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji t pihak kanan yang sebelumnya telah diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:.Ada perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media visual dengan model pembelajaran ekspositori. 2) Prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media visual lebih efektif daripada yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License