KONSISTENSI PESERTA DIDIK DALAM MENJAWAB TES ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan taraf kesukaran, daya beda, pseudo guessing soal Ulangan Akhir Semester Gasal mata pelajaran matematika yang diujikan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri dan MTs Negeri Kota Slawi pada Tahun Ajaran 2016/2017; (2) mendeskripsikan kecocokan butir terhadap model yang digunakan, yaitu model 3P (logistik tiga-parameter) pada soal Ulangan Akhir Semester gasal mata pelajaran matematika yang diujikan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri dan MTs Negeri Kota Slawi pada Tahun Ajaran 2016/2017; (3) mendeskripsikan tingkat  konsistensi  peserta  didik dalam menjawab tes Ulangan Akhir Semester gasal mata pelajaran matematika pada kelas VII SMP Negeri dan MTs Negeri Kota Slawi pada Tahun Ajaran 2016/2017; (4) mengetahui perbedaan tingkat konsistensi peserta didik yang berada di SMP Negeri dengan peserta didik di MTs Negeri. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa, (1) perangkat soal ulangan akhir semester gasal mata pelajaran matematika yang diujikan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Slawi dan MTs Negeri Slawi Tahun Ajaran 2016/2017 memiliki taraf kesukaran yang tinggi, daya beda sedang dan pseudo guessing yang baik; (2) perangkat soal ulangan akhir semester gasal mata pelajaran matematika yang diujikan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Slawi dan MTs Negeri Slawi Tahun Ajaran 2016/2017 dinyatakan cocok dengan model 3P (logistik tiga-parameter); (3) tingkat konsistensi peserta didik dalam menjawab tes Ulangan Akhir Semester Gasal mata pelajaran matematika pada kelas VII SMP Negeri 1 Slawi dan kelas VII MTs Negeri Slawi Tahun Ajaran 2016/2017 dinyatakan tinggi.; (4) tingkat konsistensi peserta didik di SMP Negeri 1 Slawi lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik di MTs Negeri Slawi.
Â
Kata Kunci: Konsistensi Peserta Didik, Tes Pilihan Ganda
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License