Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan taraf kesukaran, daya beda, pseudo guessing soal Ulangan Akhir Semester Gasal mata pelajaran matematika yang diujikan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri dan MTs Negeri Kota Slawi pada Tahun Ajaran 2016/2017; (2) mendeskripsikan kecocokan butir terhadap model yang digunakan, yaitu model 3P (logistik tiga-parameter) pada soal Ulangan Akhir Semester gasal mata pelajaran matematika yang diujikan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri dan MTs Negeri Kota Slawi pada Tahun Ajaran 2016/2017; (3) mendeskripsikan tingkat  konsistensi  peserta  didik dalam menjawab tes Ulangan Akhir Semester gasal mata pelajaran matematika pada kelas VII SMP Negeri dan MTs Negeri Kota Slawi pada Tahun Ajaran 2016/2017; (4) mengetahui perbedaan tingkat konsistensi  peserta didik yang berada di SMP Negeri dengan peserta didik di MTs Negeri. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa, (1) perangkat soal ulangan akhir semester gasal mata pelajaran matematika yang diujikan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Slawi dan MTs Negeri Slawi Tahun Ajaran 2016/2017 memiliki taraf kesukaran yang tinggi, daya beda sedang dan pseudo guessing yang baik; (2) perangkat soal ulangan akhir semester gasal mata pelajaran matematika yang diujikan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Slawi dan MTs Negeri Slawi Tahun Ajaran 2016/2017 dinyatakan cocok dengan model 3P (logistik tiga-parameter); (3) tingkat konsistensi peserta didik dalam menjawab tes Ulangan Akhir Semester Gasal mata pelajaran matematika pada kelas VII SMP Negeri 1 Slawi dan kelas VII MTs Negeri Slawi Tahun Ajaran 2016/2017 dinyatakan tinggi.; (4) tingkat konsistensi peserta didik di SMP Negeri 1 Slawi lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik di MTs Negeri Slawi.

 

Kata Kunci: Konsistensi Peserta Didik, Tes Pilihan Ganda

Article Details

Author Biographies

Defi Listiani, Universitas Pancasakti Tegal

Program Studi Pendidikan Matematika

FKIP

Purwo Susongko, Universitas Pancasakti Tegal

Program Studi Pendidikan IPA

FKIP

Eleonora Dwi Wahyuningsih, Universitas Pancasakti Tegal

Program Studi Pendidikan Matematika

FKIP