KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NHT TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR BERBANTU CD PEMBELAJARAN DITINJAU DARI KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan (1) prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran NHT tipe Kepala Bernomor Struktur berbantu CD Pembelajaran telah mencapai nilai KKM, (2) adanya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran NHT tipe Kepala Bernomor Struktur berbantu CD Pembelajaran dengan model konvensional, (3) adanaya perbedaan prestasi belajara peserta didik yang diajar dengan model NHT tipe Kepala Bernomor Struktur berbantu CD Pembelajaran dengan model konvensional ditinjuau dari konsep diri, (4) model pembelajaran yang paling efektif antara model NHT tipe Kepala Bernomor Struktur berbantu CD Pembelajaran dengan model konvensional ditinjau dari konsep diri. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Randudongkal Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 5 kelas yaitu satu kelas sebagai eksperimen 1, satu kelas sebagai kelas eksperimen 2, satu kelas sebagai kelas kontrol 1, satu kelas sebagai kelas kontrol 2 dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes yang telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, RAK, dan Uji t satu pihak. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran NHT tipe Kepala Bernomor Struktur berbantu CD Pembelajaran telah mencapai nilai KKM, (2) ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model NHT tipe Kepala Bernomor Struktur berbantu CD Pembelajaran dengn model konvensional, (3) ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model NHT tipe Kepala Bernomor Struktur berbantu CD Pembelajaran dengan model konvensional ditinjau dari konsep diri, (4) model pembelajaran NHT tipe Kepala Bernomor Struktur berbantu CD Pembelajaran lebih baik dari model konvensional ditinjau dari konsep diri.
Â
Kata Kunci: NHT tipe Kepala Bernomor Struktur, CD Pembelajaran, Prestasi Belajar Matematika, Konsep diri
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License