Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Berbantuanan Video Motion Graphic Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Sikap Peduli Lingkungan
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model PBL berbantuan video motion graphic untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan peserta didik. Model pembelajaran berbantuan video motion graphic adalah bentuk strategi pembelajaran dengan merumuskan masalah dibantu dengan video motion graphic. Karena keterbatasan akan daya jelajah maka video pembelajaran menjadi solusi. Dalam penelitian ini dengan harapan dapat menjadi pengalaman dan daya ingat kuat oleh peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah bentuk angka dari hasil jawaban tes dan angket. Wujud data tersebut dianalisis menggunakan uji paired sampel t test digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh atau perbedaan yang signifikan sikap peduli lingkungan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil uji t paired sampel t test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada model PBL berbantuan video motion graphic untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan peserta didik. Dengan hasil rata-rata nilai angket sebelum perlakuan 71,71. Sesudah perlakuan mengalami kenaikan menjadi 79,68. Disarankan untuk penelitian selanjutnya mengembangkan keefektifan video motion graphic dalam pembelajaran IPA. Model PBL dan video pembelajaran dapat diimplementasikan dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan peserta didik.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License