Implementasi Problem Based Learning dengan Metode O2PingID pada Topik Penemaran untuk Meningkatkan Environmental Sensitivity
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui efektivitas pembelajaran IPA dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan O2PingID untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada topik pencemaran, dan (2) mengetahui bagaimana pengaruh metode O2PingID dengan model Problem Based Learning pada topik pencemaran terhadap environmental sensitivity peserta didik
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pretest-postest control group. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di salah satu SMP Negeri di Kota Tegal tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random samping. Diperoleh kelas kontrol (VII B) dan eksperimen (VII D). Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan instrumen non
Hasil penelitian: (1) Penerapan model Problem Based Learning berbantuan O2PingID pada kelas eksperimen cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai N-Gain persen pada kelas eksperimen sebesar 72,77% dan kelas kontrol sebesar 67,18%; (2) Terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan O2PingID terhadap environmental sensitivity peserta didik, dibuktikan pada hasil uji t dengan nilai sig (2-Tailed) sebesar 0,000
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License