Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE yang nilainya lebih dari atau sama dengan 70 melampaui 37%, 2) motivasi, keterampilan proses kemudian prestasi belajar matematika peserta didik lebih baik yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE daripada model pembelajaran konvensional, 3) adanya perbedaan motivasi, keterampilan proses dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE dengan model pembelajaran konvensional, 4) model pembelajaran SFE lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap motivasi, keterampilan proses dan prestasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan: 1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE yang nilainya lebih dari atau sama dengan 70 melampaui 37%, 2) motivasi, keterampilan proses kemudian prestasi belajar matematika peserta didik lebih baik yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE daripada model pembelajaran konvensional, 3) ada perbedaan motivasi, keterampilan proses dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 4) model pembelajaran SFE lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap motivasi, keterampilan proses dan prestasi belajar matematika.

Keywords

Model Pembelajaran SFE Motivasi Keterampilan Proses Prestasi Belajar Matematika

Article Details

References

  1. Arikunto, Suharsimi. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rhineka Cipta Gaspersz, Vincent. (1995). Teknik Analisis dalam Penelitian Percobaan. Bandung: Tarsito Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Isnani, Wikan B.U, S.R Amalia, Fikri Aulia. (2017). The Use of Ethnomathematics Project Based Learning Model to improve Capabilities Mastery Concept Applicable and Process Skills. In Prosiding Seminar Pendidikan
  2. Matematika dan Ilmu Pengetahuan. Online. 4(4), 6 halaman. (1 Februari 2018) Isnani, M. S., & Ambarwati, R. (2011). Keefektifan Metode Think, Pair and Share Dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Cd Interaktif Materi Bangun Ruang Kelas V. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 6(2). Misbahuddin, dan Iqbal Hasan. (2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara. Mustikasari, M., Isnani, I., & Susongko, P. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Microsoft Power Point Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerikmateri Pokok Statistika. JPMP, 1(1). Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Susongko, Purwo. (2013). Penilaian Hasil Belajar.Tegal: Universitas Pancasakti Tegal Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.