LITERASI MATEMATIKA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
Main Article Content
Abstract
Kemampuan Literasi Matematika di Indonesia masih rendah yaitu di bawah rerata OECD (Organization For Economic Cooperation and Development). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1)mengetahui kemampuan literasi matematika pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Pancasakti tegal Tahun Akademik 2016/2017 semester 2. (2)mengetahui hubungan literasi matematika dan kemampuan statistika pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Pancasakti Tegal Tahun Akademik semester 2. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Pancasakti Tegal Tahun Akademik 2016/2017 semester 2. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitaif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes literasi yang dibuat PISA. Teknik analisis data menggunakan uji descriptives dan uji correlate. Hasil penelitian menunjukan bahwa :(1)Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi memiliki kemampuan literasi matematika yang sedang. (2)ada hubungan yang sangat lemah antara literasi matematika dan kemampuan statistika pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Pancasakti Tegal Tahun Akademik 2016/2017 semester 2.
Â
Kata Kunci: Literasi Matematika, Statistika, PISA
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License