Main Article Content

Abstract

Permasalahan  utama yang terjadi  peserta didik dalam  persepsi pada pembelajaran matematika di SMP N 1 Tarub dan SMP N 2 Tarub adalah masih banyak muncul anggapan negatif dari sebagian besar peserta didik terkait pembelajaran matematika, seperti mengganggap matematika memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan membosankan, hal ini mengakibatkan semangat belajar menurun dan prestasi belajar matematika yang diperoleh rendah. Maka dari itu perlu adanya penelitian untuk mengetahui kondisi sebenarnya terkait persepsi peserta didik pada pembelajaran matematika yang diambil langsung dari peserta didik sebagai sumber informasi dari kedua kejadian tersebut.Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik di SMP N 1 Tarub dan SMP N 2 Tarub materi himpunan kelas VII Semester Genap Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 636 peserta didik yang terbagi dalam 18 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penilitian ini ada 3 kelas masing-masing sekolah SMP N 1 Tarub dengan jumlah keseluruhan 108 peserta didik dan untuk SMP N 2 Tarub dengan jumlah keseluruhan 101 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik angket dan teknik tes. Teknik analisis data dengan menggunakan uji regresi linear sederhana.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Ada pengaruh persepsi peserta didik pada pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika di SMP N 1 Tarub dengan pengaruh sebesar , (2) Ada pengaruh persepsi peserta didik pada pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika di SMP N 2 Tarub dengan pengaruh sebesar  (3) Ada perbedaan pengaruh persepsi peserta didik pada pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika di SMP N 1 Tarub dan SMP N 2 Tarub.

 

Kata Kunci: Pengaruh, Persepsi Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika, Prestasi Belajar Matematika

Article Details

Author Biographies

Fina Hidayati, Universitas Pancasakti Tegal

Program Studi Pendidikan Matematika

FKIP

Isnani Isnani, Universitas Pancasakti Tegal

Program Studi Pendidikan Matematika
FKIP

Purwo Susongko, Universitas Pancasakti Tegal

Program Studi Pendidikan IPA
FKIP