PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Main Article Content
Abstract
Permasalahan utama yang terjadi peserta didik dalam persepsi pada pembelajaran matematika di SMP N 1 Tarub dan SMP N 2 Tarub adalah masih banyak muncul anggapan negatif dari sebagian besar peserta didik terkait pembelajaran matematika, seperti mengganggap matematika memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan membosankan, hal ini mengakibatkan semangat belajar menurun dan prestasi belajar matematika yang diperoleh rendah. Maka dari itu perlu adanya penelitian untuk mengetahui kondisi sebenarnya terkait persepsi peserta didik pada pembelajaran matematika yang diambil langsung dari peserta didik sebagai sumber informasi dari kedua kejadian tersebut.Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik di SMP N 1 Tarub dan SMP N 2 Tarub materi himpunan kelas VII Semester Genap Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 636 peserta didik yang terbagi dalam 18 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penilitian ini ada 3 kelas masing-masing sekolah SMP N 1 Tarub dengan jumlah keseluruhan 108 peserta didik dan untuk SMP N 2 Tarub dengan jumlah keseluruhan 101 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik angket dan teknik tes. Teknik analisis data dengan menggunakan uji regresi linear sederhana.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Ada pengaruh persepsi peserta didik pada pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika di SMP N 1 Tarub dengan pengaruh sebesar , (2) Ada pengaruh persepsi peserta didik pada pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika di SMP N 2 Tarub dengan pengaruh sebesar  (3) Ada perbedaan pengaruh persepsi peserta didik pada pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika di SMP N 1 Tarub dan SMP N 2 Tarub.
Â
Kata Kunci: Pengaruh, Persepsi Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika, Prestasi Belajar Matematika
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License