KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA MICROSOFT POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMERIKMATERI POKOK STATISTIKA
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Talking Stick telah mencapai target, (2) adanya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Talking Stick berbantu media Microsoft Power Point, Talking Stick biasa serta model konvensional, (3) adanaya perbedaan prestasi belajara peserta didik yang diajar dengan model Talking Stick berbantu media Microsoft Power Point, Talking Stick biasa, serta model konvensional ditinjuau dari kemampuan numerik, (4) model pembelajaran yang paling efektif anatara model Talking Stick berbantu media Microsoft Power Point, Talking Stick biasa, serta model konvensional ditinjau dari kemampuan numerik.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Ulujami Tahun Pelajaran 2016/2017.Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 4 kelas yaitu satu kelas sebagai eksperimen 1, satu kelas sebagai kelas eksperimen 2, satu kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes yang telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, anava dua arah, RAK, dan benferoni.Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick telah mencapai target, (2) ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model Talking Stick berbantu media Microsoft Power Point, Talking Stick biasa, serta model konvensional, (3) ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model Talking Stick berbantu media Microsoft Power Point, Talking Stick biasa, serta model konvensional ditinjau dari kemampuan numerik, (4) model pembelajaran Talking Stick berbantu media Microsoft Power Point lebih baik dari model Talking Stick biasa serta model konvensional ditinjau dari kemampuan numerik.
Â
Kata Kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, Media Microsoft Power Point, Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Numerik
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License