Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbasi Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Keaktiffan Peserta Didik
Main Article Content
Abstract
Prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bulakamba masih banyak yang dibawah KKM, oleh sebab itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran agar peserta didik lebih aktif dan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Upaya yang ditempuh adalah dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan : (1) Apakah prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Talking Stick dengan media pembelajaran melampaui target. (2) Apakah ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Talking Stick dengan media pembelajaran dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) Apakah ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Talking Stick dengan media pembelajaran lebih baik dibandingkan dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau dari keaktifan. (4) Manakah yang lebih efektif dari peserta didik dengan keaktifan yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Talking Stick dengan media pembelajaran serta model pembelajaran konvensional.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bulakamba Tahun pelajaran 2016/2017.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan observasi.Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Talking Stick dengan media pembelajaran melampaui target. (2) Ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Talking Stick dengan media pembelajaran dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) Ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Talking Stick dengan media pembelajaran lebih baik dibandingkan dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau dari keaktifan. (4) Model pembelajaran Talking Stick dengan media pembelajaran lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari keaktifan tinggi maupun rendah.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License