PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DENGAN PEMODELAN TEORI RESPON BUTIR ( STUDI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 7 PEMALANG )
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui prosedur pengembangan instrumen tes diagnostik, mengetahui kualitas butir tes diagnostik dengan model teori respons butir, serta mengetahui informasi yang dihasilkan dari instrumen tes diagnostik yang telah dikembangkan. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester 2 SMP N 7 Pemalang tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 300 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik porpusive sampling yaitu pengambilan sampel yang digunakan untuk memenuhi prasyarat analisis dengan teori respons butir. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 148 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis secara kualitatif dengan penilaian para ahli dan secara kuantitatif dengan teori respon butir menggunakan bantuan R program versi 3.3.3 dengan uji rasch. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Devolpmentyang di kemukakan oleh sugiyono dengan tahap penelitian mencari masalah, mencari informasi, pengembangan tes diagnostik. Hasil penelitian menunjukan tes diagnostik yang telah disusun secara kualitatif memenuhi aspek valid, aspek praktis, dan aspek efektif. Tes diagnostik yang telah disusun cocok dengan model satu parameter dan memiliki tingkat kesukaran berkisar antara -4,092 sampai 3,470, sehingga cocok digunakan untuk mendiagnosis kesulitan belajar matematika. Tes diagnostik memberikan informasi bahwa indikator kesulitan dengan dengan presentase tertinggi adalah kesalahan visualisasi sebesar 24,56%.
Â
Kata Kunci: Instrumen Tes, Tes Diagnostik, Model Teori Respon Butir
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License