Pengaruh Minat Belajar dan Kemampuan Visual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) pengaruh minat belajar peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan RME, (2) pengaruh kemampuan visual terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan RME, (3) pengaruh minat belajar peserta didik dan kemampuan visual terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan RME. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 3 kelas yaitu 2 kelas eksperimen dan 1 kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket dan tes. Instrumen penelitian berupa angket yang telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5% dan instrumen penelitian berupa tes yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana X1, uji regresi sederhana X2 dan uji regresi ganda X1 X2. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh minat belajar peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan RME, (2) ada pengaruh kemampuan visual terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan RME, (3) ada pengaruh minat belajar peserta didik dan kemampuan visual terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan RME.
Â
Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematic Education, Minat Belajar, Kemampuan Visual, Kemampuan Pemecahan Masalah
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License