Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menyusun tes motivasi belajar matematika yang terstandarisasi, (2) Memvalidasi tes motivasi belajar matematika dengan penerapan model Rasch dilihat dari aspek isi, substantif, struktur, eksternal, dan konsekuensi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik SMA N 1 Pagerbarang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA N 1 Pagerbarang. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling.  Sampel  dalam penelitian ini adalah lembar jawab angket motivasi belajar matematika sebanyak 180 lembar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and development (RnD) yang mengikuti tahapan model Plomp dengan dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian . Tahapan model Plomp terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) tahap investigasi awal; (2) tahap perancangan; (3) tahap realisasi/konstruk ; (4) tahap tes, evaluasi dan revisi. Analisis data secara rasional berbantuan para ahli, sedangkan analisis data secara empiric menggunakan teori respon butir model Rasch dengan bantuan program R versi 3.1.2 dan SPSS versi 17.0 Hasil penelitian menunjukan bahwa , (1)  Penyusunan tes motivasi belajar matematika yang terstandarisasi dilakukan dengan, (a) menganalisis teori yang mendukung dalam penyusunan skala motivasi belajar matematika; (b) pendefinisian konsep dan operasional; (c) menetukan dimensi dan indikator; (d) menyusun butir-butir tes; (e) butir tes divalidasi secara rasional; (f) uji coba lapangan; (g) data divalidasi secara empiric menggunakan teori respon butir model Rasch dengan bantuan program R versi 3.1.2 dan SPSS versi 17.0  (2) Validitas tes motivasi belajar matematika dengan penerapan model Rasch dilihat dari aspek isi, substantif, struktur, eksternal dan konsekuensi terbukti bahwa tes motivasi belajar matematika valid.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar Matematika, Model Rasch, Validitas Messick

Article Details

Author Biographies

Nur Aeni, Universitas Pancasakti Tegal

Program Studi Pendidikan Matematika

FKIP Universitas Pancasakti Tegal

Purwo Susongko, Universitas Pancasakti Tegal

Program Studi Pendidikan IPA

FKIP Universitas Pancasakti Tegal

M Shaefur Rokhman, Universitas Pancasakti tegal

Program Studi Pendidikan Matematika

FKIP Universitas Pancasakti Tegal