Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh harmonisasi keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa Indonesia berdasarkan Survey PISA tahun 2015 dan (2) mengetahui pengaruh umpan balik terhadap prestasi belajar matematika siswa Indonesia berdasarkan Survey PISA tahun 2015. (3) Untuk mengetahui Pengaruh Harmonisasi Keluarga dan umpan balik terhadap  prestasi belajar matematika siswa Indonesia berdasarkan Survey PISA tahun 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Indonesia yang mengikuti survey PISA sebanyak 6513. Jenis penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi yaitu mengambil data yang sudah ada. Analisis yang digunakan adalah regresi sederhana, regresi berganda, dengan asumsi klasik dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh harmonisasi keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa Indonesia berdasarkan survey PISA tahun 2015. (2) Tidak ada pengaruh suasana belajar disekolah terhadap prestasi belajar matematika siswa Indonesia berdasarkan survey PISA tahun 2015. (3) Ada pengaruh harmonisasi keluarga dan suasana belajar disekolah terhadap prestasi belajar matematika siswa Indonesia berdasarkan survey PISA tahun 2015.

Article Details

References

  1. Achdiyat, M., & Lestari, K. D. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). Anggraini, W., & Hudiono, B. (2015). Pemberian Umpan Balik (Feedback) Terhadap Hasil Belajar Dan Self-Efficacy Matematis Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(9). Dhomatul, M. (2012). Pengaruh Feedback Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Al–Ma’arif Tulung agung Tahun Ajaran 2011/2012. Ghoazali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Cetakan kedelapan, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. HAMID, M. A. (2013). Studi Perbandingan Penggunaan Umpan Balik (Feedback) pada Lembar Jawaban Siswa Terhadap Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Harahap, N. A. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) (Doctoral dissertation, UNIMED). Harjasuganda, D. (2008). Pengembangan Konsep Diri yang Positif pada Siswa SD Sebagai Dampak Penerapan Umpan Balik (Feedback) dalam Proses Pembelajaran Penjas. Jurnal. Pendidikan Dasar. Nomor, 9. Herawati, T. (2014). Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Survei Pada Organisasi Perangkat Daerah Pemda Cianjur). STAR–Study & Accounting Research, 11(1), 1-14. Mahmudah, M., Muhtarom, M., & Gusliana, E. (2017). HUBUNGAN PROFESIONALISME GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR'AN HADIST SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH GUPPI SUMBEREJO TANGGAMUS. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM AL-IDARAH, 1(1), 10-18. Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh cara dan motivasi belajar terhadap hasil belajar programmable logic controller (PLC) siswa kelas III jurusan listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek, 1(2), 1-6. Mulyasri, D. (2010). Kenakalan Remaja Ditinjau Dari Persepsi Remaja Terhadap Keharmonisan Keluarga dan Konformitas Teman Sebaya (Studi Korelasi Pada Siswa SMA Utama 2 Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret Surakarta). Nahruddin, Z. (2014). Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Dana Alokasi Desa di Desa Pao-Pao Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(2). Nawafilaty, T. (2016). Persepsi Terhadap Keharmonisan Keluarga, Self Disclosure dan Deliquency Remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02). Muliana, S. (2017). RELEVANSI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SERAT MURTASIYAH (PUPUH SINOM) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPY. Pradhana, D. Y., & Latifah, L. (2013). Pengaruh Kosa Kata Bahasa Inggris, Dasar Komputer Dan Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Myob. Dinamika Pendidikan, 8(2). Rahayu, S. M. (2017, August). KONSELING KELUARGA DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL: STRATEGI MEWUJUDKAN KEHARMONISAN DALAM KELUARGA. In PROCEEDING SEMINAR DAN LOKAKARYA NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2017 (Vol. 1, pp. 264-272). Ramadhan, R. A. (2017). Pengaruh Kekerasan Dalam Rumah Tangga (Kdrt) Terhadap Tingkat Keharmonisan Keluarga Di Keluarahanumban Sari Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Jurnal Online
  2. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 5(1), 1-15 Sholikhakh, R. A., & Utami, W. B. (2017). Development Learning Instrument of Algebraic Structure based on Resitation Task to Improve Activities and Learning Procces. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(3). Sudarma, K., & Sakdiyah, E. M. (2007). Pengaruh Motivasi, Disiplin, Dan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntasi. Dinamika Pendidikan, 2(2) Susongko, P. (2016). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Tegal: Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal. Susongko, P., & Fatkhurrahman, M. A. (2017). DETERMINANTS FACTORS ANALYSIS OF INDONESIAN STUDENTS’PHYSICS ACHIEVEMENT IN TIMSS 2011. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(1), 49-58.