PENYUSUNAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK MATERI AJAR OPERASI HITUNG ALJABAR DENGAN PEMODELAN TEORI RESPON BUTIR (Studi Pengembangan pada Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Adiwerna Tahun Ajaran 2016/2017)
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1. Mengetahui prosedur penyusunan tes diagnostik kesulitan belajar matematika materi operasi hitung aljabar dengan pemodelan teori respons butir,2. Mengetahui kualitas tes diagnostik kesulitan belajar matematika operasi hitung aljabar yang dianalisis dengan teori respons butir, 3.Memperoleh informasi kesulitan-kesulitan belajar matematika yang dimunculkan dalam tes diagnostik yang telah disusun.Penelitian ini merupakan penelitian research and development yang dengan dengan prosedur penelitian research and development Sugiyono, yaitu: Potensi dan masalah, mengumpulkan Informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba yang diperluas, dan penggunaan produk pada kondisi sesungguhnya. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 102 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan tes diagnostik yang telah disusun secara kualitatif memenuhi aspek velid, aspek praktis, dan aspek efektif. Tes diagnostik yang telah disusun cocok dengan model dua parameter dan memiliki tingkat kesukaran berkisar antara -2,080 sampai 1,749.  Tes diagnostik memberikan informasi Indikator kesulitan yang paling banyak terjadi adalah kesalahan konsep dengan presentase rata-rata sebanyak 15.15%, yang kedua adalah kesalahan konsep dan hitung dengan presentase rata-rata 11,51%, yang ketiga kesalahan hitung dengan presentase rata-rata 9.09%, dan yang terakhir kesalahan analisis atau pemahaman soal dengan presentase rata-rata 7.78%. Lebih dari 50% peserta didik harus remidi dan mengulang sebagian.
Â
Kata Kunci: Instrumen tes, tes diagnostik, model teori respons butir
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License