PENYUSUNAN SKALA SIKAP PESERTA DIDIK TERHADAP MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN MODEL RASCH
Main Article Content
Abstract
Penelitian dengan judul Penyusunan Skala Sikap Peserta Didik terhadap Matematika dengan Penerapan Model Rasch (Studi Pengembangan dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Bojong Tahun Ajaran 2016/2017) bertujuan untuk: (1) Menyusun tes sikap peserta didik terhadap matematika yang terstandar, (2) Membuktikan validitas tes sikap peserta didik terhadap matematika dengan penerapan model Rasch dilihat dari aspek isi, aspek substantif, aspek struktural, aspek eksternal, dan aspek konsekuensial.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Bojong tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 200 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Jenis penelitian ini adalah penelitian R and D (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan Plomp yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase konstruksi/realisasi, dan (4) fase tes, evaluasi dan revisi. Teknik analisis data secara kualitatif menggunakan bantuan para ahli sedangkan secara kuantitatif menggunakan software R Programme 3.1.2.package eRm dan SPSS 17.0. Hasil penelitian diperoleh: (1) Menyusun tes sikap peserta didik terhadap matematika yang terstandar dilakukan dengan: (a) Mengkaji teori mengenai skala sikap peserta didik terhadap matematika, (b) melakukan pendefinisian baik definisi konsep maupun definisi operasional, (c) menentukan dimensi, (d) menentukan indikator, (e) menyusun item-item tes , (f) melakukan uji validitas rasional yang meliputi kesesuaian butir dengan indikator, materi, konstruksi, dan bahasa yang dilakukan oleh para ahli/penelaah, (g) melakukan uji coba lapangan, dan (h) melakukan uji validitas empirik dengan berbantuan software R Programming 3.1.2 package eRm dan SPSS 17.0 (2) Item-item tes sikap peserta didik terhadap matematika yang telah disusun terbukti valid dengan penerapan model Rasch dilihat dari aspek isi, aspek substantif, aspek struktural, aspek eksternal, dan aspek konsekuensial.
Â
Kata Kunci: Skala Sikap Peserta Didik terhadap Matematika, Model Rasch.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- This work is licensed under
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License