Pengaruh Minat Belajar dan Kemampuan Visual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Main Article Content

Ade Mulyono
Isnani -
Purwo Susongko

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) pengaruh minat belajar peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan RME, (2) pengaruh kemampuan visual terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan RME, (3) pengaruh minat belajar peserta didik dan kemampuan visual terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan RME. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 3 kelas yaitu 2 kelas eksperimen dan 1 kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket dan tes. Instrumen penelitian berupa angket yang telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5% dan instrumen penelitian berupa tes yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana X1, uji regresi sederhana X2 dan uji regresi ganda X1 X2. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh minat belajar peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan RME, (2) ada pengaruh kemampuan visual terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan RME, (3) ada pengaruh minat belajar peserta didik dan kemampuan visual terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan RME.

 

Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematic Education, Minat Belajar, Kemampuan Visual, Kemampuan Pemecahan Masalah

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2